Mobil Kamu Termasuk Irit Atau Boros? Begini Cara Menghitung Konsumsi BBM

Ditulis oleh : Helen Birgitta

15 Aug 2019

momobil.id - Sebagai pemilik mobil, pasti ingin atau pelu mengetahui seberapa besar angka konsumsi bahan bakar minyak (BBM) yang dibutuhkan oleh mobil tersebut. Angka ini akan menjadi patokan bagi pemilik mobil untuk menilai mobilnya apakah masuk dalam kategori irit atau boros. Namun, tak semua pemilik mobil mengetahui cara menghitung konsumsi mobil guna memastikan apakah mobilnya termasuk boros bahan bakar atau tidak.

Sebenarnya banyak cara untuk mengetahui apakah konsumsi BBM sebuah mobil termasuk kategori irit atau boros. Misalnya, menghitung konsumsi BBM bisa menggunakan metode full to full. Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan ketika ingin menerapkan metode ini.

Isi tangki BBM hingga penuh

Isilah tangki bahan bakar mobil kamu sampai penuh di stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU). Mengapa harus sampai penuh? Karena perhitungannya bisa tidak tepat jika tidak mengisi penuh BBM mobil kamu. Agar lebih mudah, bisa dilakukan saat pagi hai sebelum mulai beraktivitas.

Catatlah berapa kilometer odometer atau penunjuk jarak tempuh setelah mengisi penuh tangki BBM. Misalnya, jika Odometer tertera di angka 5.000 kilometer, maka catatlah angka tersebut atau lebih mudahnya beri lambang A sebagai kilometer awal.

Lakukan rutinitas sehari-hari

Kamu boleh menggunakan kendaraan seperti biasa untuk beraktivitas sehari-hari, seperti berangkat kerja, kuliah, atau lainnya. Ini termasuk langkah penting untuk menghitung konsumsi BBM ketika menjalani rutinitas harian.

Isi kembali tangki BBM

Setelah selesai beraktivitas, isi kembali tangki bahan bakar di SPBU terdekat. Hal ini perlu dilakukan untuk mengetahui selisih penggunaan BBM, misalnya dari pagi hingga sore hari atau setelah melalukan aktivitas. Setelah mengisi bahan bakar mobil untuk kedua kalinya, catatlah berapa liter BBM yang sudah di isi. Hal ini bisa dilihat dari meteran yang ada di SPBU. Misalnya jika pengisian tertera 30 liter, maka beri lambang L sebagai indikator konsumsi BBM.

Catat angka odometer

Terakhir, catat berapa kilometer odometer mobil kamu setelah mengisi bahan bakar yang kedua tadi. Misalnya, beri lambang B untuk kilometer akhir, jika tertera 5.500 kilometer.

Baca Juga: Empat mobil listrik yang berpotensi masuk ke Indonesia

Jika kamu mengikuti langkah demi langkah, maka cara menghitungnya adalah seperti ini:


A = 5.000 Km (Kilometer Awal)
B = 5.500 Km (Kilometer Akhir)
F = 30 Liter (Indikator Konsumsi BBM) 

Rumusnya adalah : 
(B – A) / F = Hasil km/liter
(5.500 – 5.000) / 30 = 16,6 km/liter

Hasil yang didapat adalah 16,6 km/liter. Hal ini menunjukan rata-rata jarak tempuh mobil kamu, yakni konsumsi satu liter bensin bisa menempuh jarak sekitar 16,6 kilometer, dan sering disebut rasio 1:16.

Perhitungan ini tidak langsung akurat, tetapi harus dilakukan dua sampai tiga kali. Kamu juga harus memperhatikan faktor lain seperti kemacetan, membawa orang, barang atau lainnya.

Sumber gambar: driving.ca

  • Tips & Trik (Display)
  • bbm
  • mobil irit
  • mobil boros
  • mobil irit atau boros

Cari Mobil

Baru
Bekas
2009
2019

Actions

Mobil yang disarankan

PALEMBANG

2018
Manual

160 juta

JAKARTA BARAT

2018
Otomatis

195 juta

PALEMBANG

2019
Manual

125 juta

momobil.id, Situs Jual Beli Mobil Bekas Terbaik di Indonesia

Perusahaan pembiayaan otomotif dan multiguna terbesar di Indonesia, PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk (Adira Finance), secara resmi meluncurkan momobil.id yaitu satu-satunya used-car marketplace yang memiliki layanan terlengkap di Tanah Air. momobil.id merupakan platform jual beli mobil bekas yang mempertemukan pembeli dengan penjual mobil bekas perorangan (C2C) dan dealers (B2C). momobil.id menjadi situs jual beli mobil bekas terbaik di Indonesia... karena hanya momobil.id satu-satunya used-car marketplace atau e-commerce otomotif yang memberikan layanan pembiayaan sendiri dan terpercaya dari Adira Finance yang berkomitmen menjadi perusahaan pembiayaan terbaik dan terdepan di Indonesia. Jadi, Anda tak perlu ragu lagi beli mobil bekas atau kredit mobil bekas di momobil.id.
Sebagai salah satu automotive marketplace atau situs jual beli mobil terbaik di Indonesia, momobil.id hadir untuk memberi solusi bagi penjual dan pembeli mobil bekas di Tanah Air, karena tak bisa dipungkiri bahwa pasar mobil bekas di Tanah Air masih sangat menjanjikan dan bila dikelola dengan baik akan turut berkontribusi untuk pertumbuhan ekonomi bangsa. Untuk itulah, Adira Finance melalui momobil.id ambil bagian dalam kontribusi tersebut, dengan membantu para penjual dalam memperluas pangsa pasar mereka secara digital (memasarkan atau menjual mobil bekas mereka ke seluruh Indonesia). Sedangkan untuk pembeli, momobil.id membantu dalam memberikan pilihan mobil bekas berkualitas, memberikan berbagai berbagai promo menarik, serta memberikan layanan pembiayaan atau kredit mobil bekas terbaik dan terpercaya dari Adira Finance.
Jadi, mo cari mobil bekas? Mo kredit mobil bekas? Atau mungkin, mo jual mobil bekas? Pilih momobil.id aja! Jual beli mobil: Mudah, aman, dan nyaman!
Read More