KYAA! Lagi Nyetir Tiba-tiba Ada Kecoak Merambat di Kaki! Begini Cara Mengusirnya agar Tidak Bersarang di Mobil

Ditulis oleh : Hizkia Oloan Panjaitan

31 October 2019

KYAA! Lagi Nyetir Tiba-tiba Ada Kecoak Merambat di Kaki! Begini Cara Mengusirnya agar Tidak Bersarang di Mobil

momobil.id – Bagi sebagian orang, barangkali tidak merasa takut ketika melihat kecoak. Namun jika tiba-tiba ada bagian tubuh yang dirambati oleh serangga ini, mungkin ada yang merasa geli bahkan hingga berteriak histeris. Lalu bagaimana jika mobil kesayangan kamu dimasuki kecoak? Tentu saja kamu harus membersihkan mobil tersebut. Selain mencegah potensi kaget ketika sedang mengemudi yang bisa membahayakan diri sendiri dan pengendara lain, membersihkan sarang kecoa di mobil juga penting demi mencegah datangnya penyakit.

Biasanya, kecoa bisa berada di dalam mobil karena mobil tersebut jarang sekali dirawat pada bagian eksterior maupun interiornya. Kondisi kabin mobil yang kotor dan kurangnya perhatian untuk perawatan bagian kolong tempat duduk, serta banyaknya sisa makanan dalam kabin juga menjadi faktor yang menyebabkan hadirnya kecoak di dalam mobil. Kecoa dapat berkembang biak di dalam mobil pada celah-celah di kabin mobil bahkan bisa berada di dalam speaker.

Cara paling sederhana mengusir kecoak di dalam mobil mungkin dengan menyemprot cairan antiserangga. Namun rata-rata cairan antiserangga memiliki bau tak sedap, dan tak baik untuk kesehatan jika terhirup. Ada beberapa alternatif untuk mengusir kecoak yang cukup aman bagi kesehatan. Berikut ulasan selengkapnya.

Daun pandan

Aroma daun pandan tidak disukai oleh kecoak. Jika ada daun pandan di dalam mobil, kecoak dipastikan akan kabur dan tidak akan berani lagi masuk ke dalam mobil. Cara penggunaannya cukup mudah. Potong daun pandan tersebut menjadi bagian kecil, setelah itu taruh bagian pandan yang sudah dipotong tadi ke celah-celah yang menjadi pintu masuk kecoa ke dalam mobil.

Kapur Barus

Kapur barus bisa dimanfaatkan untuk mengusir kecoak. Tapi cara ini jarang digunakan lantaran sebagian orang tidak menyukai aroma kapur barus.

Air serai

Daun serai juga dapat mengusir kecoak dari dalam mobil. Kamu harus merebus daun serai terlebih dahulu, lalu gunakan air rebusan serai tersebut untuk di taruh di dalam mobil.

Baking soda

Kamu bisa membuat perangkap sendiri untuk menjebak kecoak dengan menggunakan baking soda sebagai bahan utamanya. Caranya, campurkan baking soda dengan sirup atau gula, agar menarik perhatian kecoa.

Setelah itu, taruh campuran baking soda dan gula tadi ke dalam mobil. Kecoak pasti akan tertarik dengan aroma gula atau sirup. Padahal ketika disantap oleh kecoak, maka kecoa tersebut akan mati keracunan karena mereka turut memakan baking sodanya.

Lem perangkap kecoa

Cara berikutnya yang bisa dicoba yakni dengan memasang lem perangkap kecoak di mobil. Letakkan lem perangkat ini pada karpet mobil, maka kecoak yang lewat akan langsung terjebak dan tidak akan bisa kabur.

Baca Juga: Tips menyetir mobil ketika hujan agar tidak hanyut dalam kenangan

Jika cara-cara di atas masih terlalu rumit, maka cara paling sederhana untuk mengusir kecoak adalah dengan membawa mobil ke salon mobil agar bagian interior dibersihkan secara menyeluruh. Setelah mobil bersih kembali, jangan malas melakukan perawatan seperti membawa mobil ke tempat cuci mobil setidaknya dua minggu sekali. Perawatan ini cukup sederhana namun terbilang penting lantaran kotoran dan sisa makanan dalam interior mobil akan dibersihkan menggunakan vacuum sehingga mencegah kecoak masuk kembali.

Sumber gambar: TopGear

berita terkait lainnya

momobil.id, Situs Jual Beli Mobil Bekas Terbaik di Indonesia

Perusahaan pembiayaan otomotif dan multiguna terbesar di Indonesia, PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk (Adira Finance), secara resmi meluncurkan momobil.id yaitu satu-satunya used-car marketplace yang memiliki layanan terlengkap di Tanah Air. momobil.id merupakan platform jual beli mobil bekas yang mempertemukan pembeli dengan penjual mobil bekas perorangan (C2C) dan dealers (B2C). momobil.id menjadi situs jual beli mobil bekas terbaik di Indonesia... Read More

Kembali ke atas