Begini Cara Menimpa Cat Lama Mobil dengan yang Baru

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 6 September 2022

Begini Cara Menimpa Cat Lama Mobil dengan yang Baru

momobil.id – Agar bodi mobil kembali mengkilap dan kinclong, biasanya pemilik mobil mengecat ulang permukaan bodi. Selain agar terlihat kinclong, mengecat ulang bodi mobil juga dilakukan agar tampilan bodi sesuai dengan keinginan. Meskipun demikian, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat melakukan pengecatan ulang. Berikut ini merupakan cara menimpa cat lama mobil dengan yang baru.

Alat yang Dibutuhkan

Ada berbagai alat yang dibutuhkan untuk mengecat kembali mobil. Berikut ini merupakan alat-alat yang dibutuhkan.

1. Cat

Salah satu alat utama untuk mewarnai mobil adalah cat. Cat mobil bisa dibeli di toko khusus eksterior mobil. Agar hasil cat lebih maksimal, gunakanlah cat dengan kualitas yang bagus dan sesuai.

Jenis cat yang bisa digunakan sendiri ada tiga, yaitu nitro cellulose, poly urethane, dan lacquer. Nitro cellulose merupakan cat yang biasanya digunakan untuk mengecat truk dan kendaraan niaga. Cat ini sepat kering namun tidak mengkilat. Poly urethane merupakan cat yang sulit kering dan harus dioven, namun hasilnya sendiri tahan goresan dan mengkilat. Sementara lacquer merupakan cat murah dan cepat kering, namun warnanya mudah pudar.

2. Amplas

Ada beberapa tipe amplas yang digunakan saat hendak mengecat kembali mobil, yaitu amplas basah, kering, dan listrik. Untuk amplas kering, disarankan untuk menggunakan amplas 1500 dan 2000.

3. Selotip

Salah satu alat yang biasanya digunakan untuk mengecat mobil adalah selotip. Agar tidak meninggalkan bekas pada permukaan mobil, biasanya menggunakan selotip untuk menutupi bagian yang tidak dicat.

4. Pistol Semprot dan Kompresor

Untuk meratakan cat pada permukaan mobil, biasanya menggunakan pistol semprot dan kompresor. Peralatan ini wajib digunakan saat mengecat mobil karena tidak memungkinkan untuk menggunakan kuas.

5. Pengencer Cat

Agar cat encer dan lebih mudah diaplikasikan ke bodi mobil, maka bisa menggunakan pengencer cat. Selain untuk mengencerkan cat, cairan ini juga bisa dikendalikan ketebalan dan ketipisannya.

6. Dempul

Permukaan body mobil biasanya tidak rata. Terkadang ada lubang atau baret yang dalam seiring dengan penggunaan. Agar body mobil terlihat mulus ketika dicat kembali, maka pemilik mobil harus menggunakan dempul. Dempul merupakan adonan yang berfungsi untuk menutup lubang dan membuat bagian permukaan bodi menjadi lebih rata.

7. Epoxy

Setelah bagian bodi mobil didempul, biasanya bodi mobil dilapisi lagi dengan epoxy. Epoxy diaplikasikan setelah mobil didempul dan diamplas, dan sebelum mobil dicat ulang.

8. Kacamata Pengaman

Saat melakukan pengecatan, kacamata pengaman penting untuk digunakan. Fungsi dari kacamata pengaman ini untuk melindungi mata dari partikel cat yang dikeluarkan oleh pistol semprot. Partikel cat mobil akan berbahaya bagi kesehatan mata. Selain itu, siapkan juga masker wajah untuk melindungi wajah dari semprotan cat.

Baca Juga: Begini Tips Menjaga Cat Mobil agar Tidak Belang

Cara Menimpa Cat Lama Mobil yang Tepat

Pengecatan mobil yang rapih dan tepat tentu dapat menghasilkan estetika body mobil yang lebih rapih. Berikut ini merupakan cara yang tepat untuk menimpa cat mobil.

1. Hilangkan Lapisan Cat Bodi Mobil yang Lama

Teknik utama yang dilakukan saat hendak mengecat mobil adalah menghilangkan lapisan cat lama pada permukaan bodi. Hal ini dilakukan karena lapisan cat baru tidak bisa langsung menyatu dengan lapisan cat lama karena dua cat tersebut memiliki kandungan senyawa yang berbeda. Dengan menghilangkan cat lama, cat baru akan lebih cepat menempel.

2. Lap Bodi Mobil dan Bersihkan Sebelum Mengecat Ulang

Sebelum mengaplikasikan cat mobil, bersihkan bodi mobil terlebih dahulu. Bersihkan terlebih dahulu goresan, noda, atau karat dari bodi mobil agar lapisan cat mobil baru tidak terhalang dengan kotoran tersebut.

3. Aplikasikan Cat Mobil Secara Perlahan

Setelah lapisan cat lama dihilangkan dan bodi mobil dibersihkan, tahap terakhir adalah mengecat ulang bodi mobil. Aplikasikan cat baru pada boci mobil secara perlahan. Untuk mengecat ulang, semprotkan cairan cat secara tipis-tipis. Kemudian, diamkan beberapa saat hingga mengering. Lakukan hal demikian pada bagian dan komponen bodi mobil lain.

Menghilangkan Cat Mobil yang Keriting

Ketika mengecat mobil, terkadang mobil menggunakan cat yang kualitasnya tidak bagus. Cat akan mengangkat atau berkerut ketika melakukan pengecatan ulang. Namun, pemilik mobil tidak perlu khawatir. Hal ini dapat diatasi dengan melakukan hal berikut ini.

Apabila cat masih basah, hal pertama yang perlu dilakukan adalah dengan mengeringkan cat terlebih dahulu agar bisa diamplas. Tunggu sekitar 30 menit hingga cat mengering. Selanjutnya, pemilik mobil bisa mengamplas permukaan dengan amplas nomor 1500 atau 400 hingga permukaannya halus. Usahakan agar cat yang berkerut hilang sepenuhnya untuk mencegah reaksi saat kembali dilapisi cat.

Apabila ketika diamplas cat kembali berkerut, maka semprot clear coat pada titik cat tersebut. Hal ini dilakukan agar cat yang keriting dapat terikat, sehingga pemilik mobil dapat mengecatnya kembali.

mobil terkait

Rp 331.100.000

Individu

Rp 309.100.000

Individu

Rp 1.605.600.000

Individu

JAKARTA

Rp 347.000.000

Individu

JAKARTA

Rp 199.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 205.000.000

Individu

JAKARTA UTARA


Kembali ke atas