Begini Cara Merawat Cat Mobil agar Tetap Mengkilap

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 18 March 2024

Begini Cara Merawat Cat Mobil agar Tetap Mengkilap

momobil.id – Penampilan tentu menjadi hal yang penting bagi setiap pemilik mobil. Nilai estetika mobil tentu meningkat jika mobil tampil mengkilap dan seperti baru. Salah satu hal sangat berpengaruh dalam penampilan eksterior adalah cat mobil.

Seiring dengan penggunaan, cat mobil akan memudar dan kusam. Agar kondisi cat mobil tetap mengkilap dan seperti baru, tentu pemilik mobil harus melakukan perawatan. Berikut ini merupakan cara merawat cat mobil agar tampil mengkilap.

1. Hindari Memarkir Mobil di Bawah Sinar Matahari Langsung

Mobil yang terpapar sinar matahari secara terus menerus dapat merusak permukaan catnya. Cat mobil akan lebih cepat kusam dan memudar, bahkan retak. Hal ini bisa terjadi karena sinar ultraviolet matahari mampu mengubah komposisi cat mobil.

Oleh karena itu, pemilik mobil disarankan mencari tempat parkir yang teduh agar mobil terlindungi dari sinar matahari ataupun hujan. Jika tidak ada tempat parkir teduh, gunakan sarung mobil atau penutup untuk melindungi cat agar tidak terkena sinar matahari langsung.

2. Mencuci Mobil Secara Rutin

Saat mobil digunakan, kotoran, debu, noda, atau sisa-sisa air hujan dapat menempel pada permukaaan cat. Agar cat mobil tetap bersih dan terawat, pemilik mobil harus mencuci mobil secara rutin. Disarankan untuk mencuci mobil minimal seminggu sekali atau seminggu dua kali saat musim hujan. Mobil yang tidak dibersihkan secara teratur menyebabkan cat menjadi kusam, bahkan kerusakan pada lapisan cat.

3. Gunakan Shampoo Khusus Mobil

Sebagian pemilik mobil menggunakan sabun colek atau deterjen untuk membersihkan bodi mobil. Hal ini tentu dapat berpengaruh pada kondisi cat mobil. Penggunaan sabun yang tidak sesuai dapat menyebabkan warna cat menjadi kusam, bahkan belang. Oleh karena itu, pemilik mobil disarankan untuk menggunakan shampoo khusus mengandung bahan yang aman bagi permukaan cat.

4. Keringkan Bodi Mobil dengan Kain Halus

Setelah mencuci mobil hingga bersih, pemilik mobil wajib mengeringkan bodi dengan kain halus atau kanebo. Hindari mengeringkan bodi mobil menggunakan kain bekas baju atau handuk karena dapat menggores permukaan cat.

Baca Juga: Cara Mencuci Mobil yang Benar Guna Mencegah Timbulnya Swirl Mark

5. Bilas Mobil Setelah Terkena Air Hujan

Kandungan asam pada air hujan mampu membuat permukaan cat mobil menjadi kusam. Selain itu, air hujan juga dapat menimbulkan lapisan jamur pada permukaan cat. Pemilik mobil disarankan untuk membilas bodi mobil setelah terkena air hujan agar permukaan cat mobil tetap bersih dan mengkilap.

6. Koreksi Cat Mobil

Pemilik mobil tentunya sering menemukan goresan, baret, atau efek oksidasi pada bagian bodi mobil. Hal ini disebabkan karena banyak benda yang menyerang permukaan cat, misalnya kerikil, ranting, air hujan, bahkan sinar matahari. Agar bodi mobil tetap awet dan mengkilap, ada baiknya untuk melakukan koreksi cat mobil.

Koreksi cat dapat berupa polishing, compounding, dan glazing. Hal ini dilakukan agar permukaan cat mobil tetap mengkilap dan bagian logam bodi terlindungi dari karat.

7. Detailing Mobil

Salah satu cara merawat cat mobil adalah dengan melakukan detailing. Detailing merupakan teknik merawat dan mempercantik tampilan kendaraan agar terlihat sempurna. Proses ini dilakukan dengan cara melakukan pembersihan dan perawatan pada seluruh bagian mobil meliputi eksterior, interior, hingga bagian dalam mesin. Dengan melakukan detailing, tentunya kondisi cat mobil tetap terlihat rapih dan terawat.

8. Melakukan Proteksi pada Cat Mobil

Tidak hanya dibersihkan, lapisan cat mobil juga penting untuk diberikan pelindung. Pemilik mobil bisa melakukan waxing atau sealant pada bodi agar debu tidak mudah menempel. Selain itu, pemilik mobil juga bisa melakukan nano ceramic coating yang mampu melindungi cat dari air hujan dan sinar matahari.

Itulah beberapa cara merawat cat mobil agar lebih awet dan mengkilap. Temukan mobil favorit kamu gak pake ribet, download aplikasi adiraku sekarang.

mobil terkait

Rp 175.000.000

Individu

MAGELANG

Rp 285.000.000

Individu

MAGELANG

Rp 370.000.000

Individu

MAGELANG

Rp 165.000.000

Individu

SIDOARJO

Rp 145.000.000

Individu

SIDOARJO

Rp 98.000.000

Individu

SIDOARJO


Kembali ke atas