Begini Cara Merawat Kaca Depan Mobil agar Tidak Buram

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 7 February 2024

Begini Cara Merawat Kaca Depan Mobil agar Tidak Buram

momobil.id – Kaca depan mobil merupakan salah satu komponen yang berperan penting terhadap visibilitas pengemudi. Agar kaca depan dapat memberikan pandangan yang jelas, pemilik mobil perlu merawatnya. Berikut ini merupakan cara merawat kaca depan mobil agar tidak buram. 

1. Membersihkan Kaca Depan dengan Lap Lembut 

Agar kaca depan mobil tetap dalam kondisi yang baik, pemilik mobil disarankan lap lembut saat membersihkannya. Gunakan lap lembut dan bersih ketika mengusap kaca mobil. Penggunaan lap kasar dapat berisiko menimbulkan goresan pada kaca depan. Selain itu, penggunaan lap kotor juag berpotensi membuat kaca kotor dan timbul goresan dari kotoran yang menempel di lap. 

2. Menjaga Kebersihan Kaca Depan Mobil 

Kaca mobil rentan terhadap debu dan kotoran, misalnya terkena cipratan air, angin, dan hujan. Debu atau kotoran yang menempel dan dibiarkan dapat membuat nodanya sulit untuk hilang. Biasanya menyebabkan kaca menjadi kotor dan buram. 

Kaca yang penuh kotoran tentu dapat mengganggu visibilitas pengemudi. Untuk mencegah hal ini, bersihkan kaca depan secara rutin. Gunakan cairan pembersih yang tepat agar kaca depan tetap kinclong. 

3. Segera Keringkan Kaca Depan Ketika Basah 

Sisa-sisa air yang tidak dikeringkan pada kaca depan berisiko menjadi jamur. Kaca yang ditumbuhi jamur tentu akan mengganggu visibilitas pengemudi. Oleh karena itu, segera keringkan kaca mobil setelah dicuci atau terkena air hujan. Apabila kaca mobil terlanjur ditumbuhi jamur, gunakan cairan pembersih khusus. 

Baca Juga: Begini Cara Mudah Memperbaiki Kaca Mobil yang Tidak Bisa Naik

4. Menjaga Kebersihan Karet Wiper 

Salah satu cara merawat kaca depan mobil adalah menjaga kebersihan wiper. Karet wiper yang kotor dan berdebu dapat menggores permukaan kaca mobil. Agar kaca terhindar dari goresan, ada baiknya untuk menjaga kebersihan karet wiper secara berkala.

5. Cek Kondisi Karet Wiper 

Selain membersihkan karet wiper mobil, kondisi karet juga perlu diperhatikan. Wiper yang retak-retak dan aus dapat berpotensi meninggalkan goresan pada kaca depan. Gantilah karet wiper secara berkala. Pada umumnbya, penggantian karet wiper dilakukan setiap 6-12 bulan sekali. 

6. Hindari Memarkir Mobil di Bawah Pohon

Pemilik mobil disarankan untuk tidak memarkirkan mobil di bawah pohon atau di sekitar kawasan yang berpotensi membuat kaca kotor. Daun, debu, atau kotoran yang menempel berpotensi menggores kaca mobil. 

7. Waspada Adanya Goresan pada Kaca Film

Pada umumnya, kaca depan mobil dilapisi oleh kaca film agar tidak tergores. Kaca film efektif dalam mencegah benda langsung menggores kaca mobil. Apabila kaca film tergores, maka akan mengganggu penglihatan pengemudi. Oleh karena itu, penting bagi pemilik mobil untuk mewaspadai berbagai hal yang bisa menggores permukaan kaca depan.  

Itulah beberapa cara merawat kaca depan mobil agar kondisinya tetap optimal. Temukan mobil favorit kamu gak pake ribet, download aplikasi adiraku sekarang.

mobil terkait

Rp 173.990.000

Individu

BANDUNG

Rp 173.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 149.000.000

Individu

PEKANBARU

Rp 171.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 180.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 176.000.000

Individu

BANDUNG


Kembali ke atas