Begini Cara Merawat Mobil dengan Cat Matte atau Warna Doff

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 31 August 2023

Begini Cara Merawat Mobil dengan Cat Matte atau Warna Doff

momobil.id – Mobil dengan cat berwarna doff atau matte memiliki kesan yang unik dan menarik. Warna doff terlihat elegan dan tangguh. Meskipun demikian, perawatan dari warna doff pada mobil berbeda dibandingkan dengan warna glossy. Berikut adalah beberapa cara untuk merawat mobil dengan cat doff atau warna matte.

Cara Merawat Cat Warna Doff dengan Benar

Agar warna doff pada kendaraan tampil lebih memukau dan awet, berikut ini merupakan berbagai cara yang bisa dilakukan saat perawatan cat doff.

1. Mencuci Mobil Menggunakan Sabun Khusus

Warna doff memiliki entitas kepudaran lebih cepat ketimbang cat mobil glossy. Pemilik mobil disarankan untuk menggunakan sabun cuci khusus untuk kendaraan untuk mencuci mobil. Pastikan sabun yang digunakan tidak mengandung bahan yang kasar atau pelarut yang kuat.

Hindari menggunakan sabun detergen untuk mencuci mobil dengan cat warna doff. Hal ini dapat mengakibatkan warna doff pudar .

2. Hindari Mobil Terkena Paparan Sinar Matahari Langsung

Cat mobil berwarna doff akan cepat rusak apabila terpapar sinar matahari secara terus menerus. Cahaya matahari dapat menyebabkan cat mobil menjadi kusam, bahkan mudah terkelupas.

Ketika memiliki mobil dengan cat warna doff atau matte, usahakan diparkir di tempat yang teduh, terlebih jika tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama. Pemilik mobil juga bisa menggunakan penutup mobil jika tidak memungkinkan.

3. Pemilihan Poles Mobil yang Tepat

Cat doff pada umumnya tidak dilapisi oleh pernis, sehingga risiko cat pudar akan lebih tinggi. Jika hendak memoles mobil, gunakanlah bahan poles khusus bodi kendaraan warna doff. Bahan poles yang dianjurkan berbahan dasar water based. Hindari penggunaan poles mobil oil based karena dapat membuat cat doff menjadi rusak.

4. Gunakan Coating Khusus untuk Cat Doff

Salah satu cara agar cat doff tetap awet adalah dengan coating dan waxing. Coating dapat melindungi cat dari kotoran, noda, debu, serta mempertahankan warna asli. Gunakan coating khusus untuk cat doff. Penggunaan coating yang tidak sesuai dapat merusak cat dan mengurangi efek matte pada cat.

5. Menggunakan Kain Microfiber untuk Mengeringkan Mobil

Untuk membersihkan kotoran atau sisa-sisa air yang menempel pada bodi, gunakan kain microfiber. Kain microfiber memiliki tekstur yang lembut sehingga aman untuk permukaan cat kendaraan. Hindari menggosok permukaan kendaraan terlalu keras menggunakan kain microfiber agar tidak menghasilkan goresan.

6. Hindari Mencuci Mobil di Tempat Cuci Otomatis

Tempat cuci mobil otomatis pada umumnya menggunakan sikat yang kasar. Hal ini tentu dapat merusak permukaan cat mobil berwarna doff. Oleh sebab itu, pemilik mobil tidak disarankan mencuci mobil di tempat cuci otomatis.

Baca Juga: Begini Teknik Mencuci Mobil yang Benar, Mulai dari Bawah

Cara Mencuci Mobil dengan Cat Warna Doff

Berbeda dengan cat mobil glossy, ada teknik tersendiri untuk membersihkan mobil dengan cat doff. Berikut ini merupakan langkah-langkahnya.

  • Bersihkan debu dan kotoran yang menempel pada cat menggunakan kemoceng halus terlebih dahulu.
  • Bilas mobil menggunakan air bersih layaknya mencuci mobil dengan cat glossy.
  • Aplikasikan shampoo mobil ke bodi mobil. Pastikan menggunakan sabun khusus yang aman untuk cat doff.
  • Menggosok permukaan mobil dengan spons yang dirancang untuk mencuci mobil. Hindari menggosok terlalu keras karena dapat merusak cat doff.
  • Gunakan sikat lembut yang dirancang khusus mobil untuk membersihkan bagian yang kotor dan berkerak.
  • Bilas kembali menggunakan air bersih.
  • Keringkan bodi mobil menggunakan lap mikrofiber. Hindari menggosok mobil terlalu kuat agar tidak menyebabkan goresan.
  • Agar tampilan mobil semakin bersih, gunakan air khusus detailing.

Memperbaiki Cat Doff atau Warna Matte pada Mobil

Seiring dengan penggunaan, permukaan bodi mobil akan mengalami baret. Cat warna doff lebih sulit untuk diperbaiki dibandingkan dengan cat glossy. Namun, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memperbaiki cat doff.

1. Cat Ulang

Apabila cat doff atau warna matte sudah kusam atau rusak, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengecat ulang bodi kendaraan. Meskipun sedikit merepotkan, namun cara ini bisa membuat tampilan mobil kembali seperti baru.

2. Menggunakan Produk Penghilang Goresan

Di pasaran tersedia berbagai produk untuk menghilangkan goresan mobil. Pilihlah produk yang mampu menghilangkan goresan khusus untuk cat berwarna doff.

3. Menghubungi Spesialis atau Bengkel

Apabila kerusakan pada cat cukup serius, segera hubungi spesialis perawatan mobil atau bengkel yang berpengalaman dengan cat. Dengan demikian, cat mobil bisa direvisi agar tampil baru.

mobil terkait

Rp 125.000.000

Individu

PONTIANAK

Rp 335.000.000

Individu

DENPASAR

Rp 147.000.000

Individu

DENPASAR

Rp 138.000.000

Individu

JEMBER

Rp 114.000.000

Individu

JEMBER

Rp 107.000.000

Individu

JEMBER


Kembali ke atas