Begini Cara Mudah Memperbaiki Kaca Mobil yang Tidak Bisa Naik

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 17 July 2023

Begini Cara Mudah Memperbaiki Kaca Mobil yang Tidak Bisa Naik

momobil.id – Kaca mobil bukan hanya sebagai aksesoris belaka. Komponen ini juga memiliki fungsi yang cukup penting. Selain untuk visibilitas, kaca mobil berfungsi untuk mencegah masuknya debu, angin, hingga serangga ke dalam kabin. Salah satu masalah yang muncul pada kaca mobil adalah kaca yang tidak bisa dinaik-turunkan atau macet. Simak cara memperbaiki kaca mobil yang tidak bisa naik atau turun di bawah ini!

Penyebab Kaca Mobil Macet

Sebelum memperbaiki, ada baiknya untuk mengetahui penyebab kaca mobil tidak bisa naik-turun atau macet. Berikut beberapa penyebab kaca mobil tidak bisa naik-turun atau macet.

  • Debu dan kotoran menumpuk dan menyumbat kaca jendela, sehingga kaca mobil macet.
  • Power window dan komponennya mengalami kerusakan.
  • Sistem kelistrikan bermasalah, sehingga membuat power window tidak berfungsi dengan baik.
  • Motor penggerak kaca lemah.
  • Tombol switch/saklar kaca mobil bermasalah atau kotor.
  • Kaca mobil kotor dan tidak dirawat dengan baik.

Cara Memperbaiki Kaca Mobil yang Tidak Bisa Naik

Pemilik mobil bisa mencoba sendiri memperbaiki kaca mobil yang macet. Berikut ini merupakan beberapa cara mudah untuk memperbaiki kaca mobil yang tidak bisa naik.

1. Menggunakan Silicon Spray

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk memperbaiki kaca mobil yang rusak adalah dengan menggunakan silicon spray. Silicon spray mampu menjaga kaca mobil tetap bersih dan terhindar dari baret. Selain itu, cairan ini juga dapat membuat karet jendela lebih awet. Penggunaannya pun cukup mudah, pemilik mobil hanya menyemprotkan silicon spray pada bagian area run door glass.

2. Bersihkan Karet dan Rel Kaca

Adanya tumpukan debu dan kotoran yang lama tidak dibersihkan bisa membuat kaca mobil macet. Oleh karena itu, bersihkan karet dan rel kaca mobil terlebih dahulu. Pembersihan bisa dilakukan dengan mengelap kaca hingga bersih dan membersihkan karet rel menggunakan kuas kecil.

3. Menggunakan Semprotan Angin Bertekanan

Ada beberapa area pada bagian rel kaca jendela mobil yang tidak bisa dibersihkan hanya menggunakan kuas. Salah satu alternatif yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan semprotan angin bertekanan tinggi.

Apabila penyemprotan dengan angin bertekanan tinggi tidak berhasil, maka jangan dilanjutkan. Komponen lain pada kaca jendela mobil dikhawatirkan bisa rusak akibat semprotan angin bertekanan tinggi.

4. Melumasi Rel Jendela dengan Shampoo

Kaca mobil yang macet bisa jadi disebabkan karena rel kaca yang kotor dan tersendat. Pemilik mobil bisa mengatasi hal ini dengan melumasi rel jendela kaca menggunakan shampoo.

Untuk cara penggunaannya cukup mudah, sikat rel kaca jendela secara perlahan kemudian lumasi dengan shampoo. Shampoo bisa menggunakan jenis dan merek apa saja yang ada di rumah.

Baca Juga: Tips Ampuh Atasi Kaca Mobil yang Berembun

5. Melumasi Rel Jendela dengan Minyak

Selain shampoo, minyak goreng juga bisa digunakan untuk mengatasi macet pada kaca jendela mobil. Cara ini menjadi cara alternatif terbaik karena minyak goreng diklaim ampuh mengatasi masalah tersebut. Selain itu, harga minyak goreng juga tergolong murah.

Untuk mengaplikasikannya, tusuklah kemasan minyak goreng menggunakan jarum. Kemudian, gunakan ujung jarum pentul untuk melumasi karet jendela dan bagian rel kaca.

6. Memeriksa Tombol Pengendali Kaca

Rel kaca jendela mobil bisa jadi macet akibat tombol pengendali yang bermasalah. Oleh karena itu, pastikan tombol pengendali kaca berfungsi dengan baik. Bersihkan tombol dengan hati-hati dan cek kondisinya, apakah ada tanda kerusakan fisik pada tombol atau tidak.

7. Periksa Komponen Power Window Mobil

Kaca mobil ditenagai oleh sebuah motor yang menggerakan mekanisme kaca naik turun, yaitu power window. Apabila kaca mobil macet ketika dinaik-turunkan, bisa jadi ada masalah pada power window. Periksalah dengan cara menekan tombol pengendali. Jika tombol ditekan dan kaca tidak naik, bisa jadi ada masalah pada motor power window atau regulator power window.

8. Periksa Koneksi Listrik

Salah satu cara untuk mengatasi kaca mobil yang macet adalah dengan memeriksa koneksi listriknya. Periksa apakah ada kabel yang terputus atau longgar. Apabila ada kabel yang terputus, maka pemilik mobil bisa menghubungkannya kembali atau mengganti dengan yang baru.

9. Bawa Mobil ke Bengkel Spesialis

Apabila kaca mobil masih bermasalah, pemilik mobil bisa langsung membawanya ke bengkel spesialis untuk dilakukan pengecekan. Bengkel nantinya akan melakukan pengecekan secara menyeluruh untuk mengetahui penyebab dari kaca yang macet.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kaca mobil yang macet. Simak tips dan trik lainnya dari momobil.id di sini!

mobil terkait

Rp 149.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 357.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 189.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 223.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 188.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 112.000.000

Individu

JEMBER


Kembali ke atas