Begini Cara Tepat Membersihkan Karpet Mobil yang Kotor

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 10 May 2022

Begini Cara Tepat Membersihkan Karpet Mobil yang Kotor

momobil.id – Perjalanan yang jauh tidak hanya membuat eksterior mobil kotor. Bagian interior mobil juga kerap kali kotor dan berdebu. Salah satu area yang paling kotor adalah bagian karpet mobil. Kondisi karpet yang kotor tentu dapat mengurangi kenyamanan dalam berkendara. Oleh karena itu, berikut adalah cara yang tepat untuk membersihkan karpet mobil.

Keluarkan Karpet Tambahan Terlebih Dahulu

Langkah utama yang perlu dilakukan adalah mengeluarkan karpet tambahan / karpet bagian atas terlebih dahulu. Hindari membersihkan karpet tambahan di dalam mobil. Kotoran dan debu yang berada pada karpet tambahan dapat menyebar ke bagian lain dalam kabin, sehingga pemilik mobil akan kesulitan untuk membersihkan interior. Keluarkan terlebih dahulu karpet bagian depan dan belakang, kemudian letakan di tempat terbuka.

Baca Juga: Tips Membersihkan Interior Mobil Guna Mencegah Virus Corona

Membersihkan Karpet Dasar

Gunakan vacuum cleaner atau penyedot debu untuk membersihkan karpet dasar. Ketika pemilik mobil membersihkan karpet dasar, usahakan untuk membersihkan bagian dek dan sela-sela mobil menggunakan moncong vacuum yang lebih kecil. Saat membersihkan karpet dasar yang berbahan beludru, perhatikan cara menyikatnya. Agar tidak merusak beludru, pastikan menyikat karpet secara searah.

Membersihkan Karpet Tambahan pada Mobil

Setelah mengeluarkan karpet dari kabin, basahi karpet dengan air secara merata. Gunakan air bersih yang banyak agar kotoran yang menempel dengan keras dapat lebih mudah dibersihkan nantinya. Kemudian, olesi karpet menggunakan sabun atau shampoo mobil secukupnya. Bersihkan bagian noda yang membandel menggunakan sabun atau shampoo. Untuk cara membersihkannya, gunakan sikat dengan bentuk kuas yang lebar pada bagian noda yang udah dibersihkan. Sementara untuk bagian yang memiliki noda membandel, gunakan sikat tebal dan kuat. Setelah menyikat karpet hingga bersih, siram karpet menggunakan air bersih secara merata pada bagian sisi atas dan bawah. Pastikan tidak ada sisa sabun yang menempel pada karpet. Kemudian, jemurlah karpet di tempat yang berangin agar cepat kering. Pastikan karpet tidak dijemur secara langsung di bawah matahari. Hal ini dapat membuat warna dasar karpet berubah dan kualitasnya menurun.

mobil terkait

Rp 269.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 342.000.000

Individu

BEKASI

Rp 192.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 287.000.000

Individu

BEKASI

Rp 355.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 186.000.000

Individu

BEKASI


Kembali ke atas