Begini Cara yang Tepat Membersihkan Plafon Mobil

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 28 April 2020

Begini Cara yang Tepat Membersihkan Plafon Mobil

momobil.id – Plafon mobil atau langit-langit mobil merupakan salah satu bagian yang seringkali lupa dibersihkan karena berada pada bagian atas mobil. Selain itu, untuk membersihkan plafon mobil tergolong susah karena material yang sulit dibersihkan dan menempel pada bagian atas kabin. Membersihkannya pun tidak sembarangan karena pemilik mobil harus memilih produk yang tidak merusak lem dan lapisan laminasi. Berikut adalah cara membersihkan plafon mobil.

Bersihkan Kotoran pada Plafon Mobil

Hal utama yang dilakukan adalah melepaskan kotoran dan debu yang menempel menggunaka kain serat mikro. Kain jenis ini dapat mengangkat kotoran dan debu yang melekat pada plafon mobil. Gunakan kain serat mikro yang bersih dan kering untuk menyeka plafon. Disarankan untuk menyeka plafon searah dengan arah kain pada plafon mobil.

Semprotkan Pembersih Ke Seluruh Permukaan Plafon dan Seka Pelan

Gunakan cairan pembersih jok atau sampo khusus untuk membersihkan plafon. Pembersih jok cocok dan aman digunakan untuk membersihkan material pada plafon. Semprotkan pada seluruh permukaan plafon dan seka secara perlahan menggunakan kain serat mikro. Kain serat ini dapat menghilangkan kotoran dan debu. Penggunaan sampo atau cairan pembersih jok ini efektif untuk menghilangkan debu dan kotoran yang sebelumnya sulit dibersihkan menggunakan serat mikro saja.

Gunakan Campuran Air dan Cuka untuk Menghilangkan Noda Minyak

Hilangkan minyak yang menodai plafon dengan menggunakan campuran air dan cuka dengan perbandingan 3:1 (air 3 bagian, cuka 1 bagian). Untuk pengaplikasian, masukkan kain serat mikro ke dalam larutan air dan cuka, kemudian seka menggunakan kain tersebut. Larutan ini efektif untuk menghilangkan noda minyak tanpa memberikan efek pada lem yang melekatkan kain pada plafon mobil.

Baca Juga : Cara Kerja Seat Belt Pretensioner Ketika Terjadi Benturan Keras

Tunggu Plafon Kering Sebelum Menyemprot Cairan Pembersih Kembali

Apabila plafon mobil masih kotor sesudah dibersihkan, maka tunggu dahulu plafon mengering. Kemudian bersihkan kembali dengan mengunakan cairan pembersih dan kain. Pastikan plafon benar-benar kering untuk mencegah lem dan kain plafon lepas.

Jika Plafon Bau, Semprotkan Pengharum atau Minyak Jeruk

Bahan kain pada plafon bisa saja bau. Hal ini disebabkan karena kotoran menempel atau merokok di dalam mobil. Untuk menghilangkan bau, semprotkan sedikit pengharum atau minyak jeruk ke arahplafon mobil. Produk ini efektif untuk menghilangkan bau yang disebabkan karena rokok atau makanan pada mobil. Disarankan untuk tidak membasahi kain plafon dengan pengharum, karena pengharum dapat merusak lem perekat kain plafon dengan plafon mobil.

Sumber gambar: id.wikihow.com



Kembali ke atas