Punya Usaha Bengkel Mobil? Begini Caranya Supaya Selalu Ramai Konsumen

Ditulis oleh : admin | 15 July 2019

Punya Usaha Bengkel Mobil? Begini Caranya Supaya Selalu Ramai Konsumen

momobil.id – Dalam menjalani sebuah bisnis, seorang pengusaha pasti pernah mengalami pasang surut. Hal yang tidak menyenangkan tentu ketika kegiatan bisnis sedang mengalami penurunan karena pasar yang sedang lesu. Agar dampak negatif dari masa lesu tersebut bisa dilewati dengan baik, seorang pebisnis setidaknya harus mampu menjaga kegiatan bisnisnya tetap menghasilkan keuntungan meski jumlahnya tidak sebanyak biasanya. Hal ini juga berlaku di industri otomotif, termasuk usaha bengkel mobil. Seorang pemilik bengkel yang cermat biasanya akan selalu berusaha agar bengkel miliknya tidak sepi pengunjung. Cara membuat bengkel mobil selalu ramai memang gampang-gampang sulit. Namun kunci utamanya agar bengkel selalu ramai adalah memahami keinginan pasar.

Salah satu layanan umum yang diinginkan pasar adalah general check up. Maka layanan ini tentu wajib disediakan jika ingin menarik perhatian konsumen. Jika tak ingin terus mengikuti perubahan pasar, pemilik bengkel juga bisa hanya menghadirkan layanan khusus. Misalnya dengan membuka bengkel khusus pengecekan kaki-kaki mobil. Meski hanya menyediakan satu layanan, pemilik bengkel juga harus memperhatikan apakah layanan spesial yang ditawarkan memang dibutuhkan pasar atau banyak peminatnya.

Jika layanan yang disediakan sudah sesuai dengan selera pasar, maka hal selanjutnya yang harus disiapkan adalah menghadirkan sumber daya manusia yang ahli di bidangnya. Pemilik bengkel harus memiliki mekanik yang memang benar-benar mengerti tentang mobil dan segala penyakitnya. Dalam operasionalnya, pemilik bengkel juga harus menerapkan SOP kepada mekanik guna memastikan layanan yang diberikan tidak menyalahi aturan sehingga konsumen merasa puas.

Lalu, apakah dua hal tersebut sudah cukup untuk menjaga bengkel selalu ramai konsumen? Jawabannya tidak. Hal penting lainnya, pemilik bengkel harus memikirkan strategi pemasaran agar layanan bengkel miliknya diketahui oleh banyak orang. Di era digital seperti saat ini, pemilik bengkel juga harus melakukan pemasaran secara online di berbagai saluran mulai dari promosi di media sosial hingga bekerja sama dengan platform lain.

Baca Juga: Mau sewa mobil lepas kunci? Ini persyaratannya

Bekerja sama dengan paltform lain boleh dibilang termasuk cara yang cukup efektif guna membuat bengkel mobil menjadi ramai. Salah satu platform yang membuka kerja sama dengan bengkel-bengkel adalah moservice. Dengan bermitra sebagai partner moservice, bengkel rekanan akan mendapat berbagai benefit seperti:

  • Nama usaha serta alamat bengkel yang tampil di platform moservice
  • Berpotensi menarik lebih banyak konsumen karena bengkel rekanan bisa dicari berdasarkan kota dan brand

Dengan hadirnya moservice, beban pemilik usaha untuk memikirkan cara membuat bengkel mobil ramai menjadi lebih ringan. Karena secara tidak langsung platform moservice akan mempromosikan bengkel-bengkel rekanannya kepada para calon konsumen potensial. Bagi pemilik bengkel yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai moservice, bisa melihatnya melalui tautan ini.

Tertarik mencari mobil bekas berkualitas dengan harga terjangkau? Momobil menyediakan beragam listing mobil pilihan dan Personal Assistant yang siap membantu Anda mendapatkan kendaraan idaman.

Penulis: Danang Setiaji

Sumber gambar: Automobile

mobil terkait

Rp 245.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 140.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 175.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 303.000.000

Individu

DEPOK

Rp 305.000.000

Individu

DEPOK

Rp 155.000.000

Individu

DEPOK


Kembali ke atas