Begini Mekanisme Kerja Suzuki Smart Hybrid pada Ertiga

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 19 May 2022

Begini Mekanisme Kerja Suzuki Smart Hybrid pada Ertiga

momobil.id – Berdasarkan kabar yang beredar, Suzuki akan meluncurkan Ertiga Facelift dalam waktu dekat. Penyegaran pada Suzuki Ertiga tidak hanya soal tampilan. Mobil ini dikabarkan akan menggunakan mesin hybrid berkode K15C dengan teknologi Suzuki Smart Hybrid. Lantas, bagaimana mekanisme dari Suzuki Smart Hybrid tersebut?

Suzuki Smart Hybrid merupakan sebuah teknologi yang mengoptimalkan efisiensi kendaraan. Teknologi ini mengandalkan dua komponen utama sebagai pendamping mesin konvensional, yaitu Integrated Starter Generator (ISG) dan Lithium-Ion Battery. Untuk mekanisme kerja dari Suzuki Smart Hybrid, komponen ISG akan memberikan bantuan tenaga ketika mobil membutuhkannya saat berakselerasi. Hal ini bertujuan untuk mengurangi beban putaran mesin yang akan berpengaruh terhadap konsumsi BBM. Alhasil tenaga yang diperlukan oleh mobil menjadi lebih cepat dengan bantuan teknologi ISG.

Baca Juga: Lebih Dekat dengan Mobil Imut Suzuki Wagon R Smile

Ketika mobil melakukan deselerasi kecepatan menggunakan rem, fungsi ISG akan mengubah energi kinetik menjadi energi listrik. Energi listrik yang dihasilkan akan tersimpan dalam Lithium-Ion Battery. Apabila mobil dalam keadaan berhenti, terdapat fitur Auto Start Stop yang akan aktif secara otomatis untuk menghemat konsumsi bahan bakar. Namun, ketika mesin mobil dalam keadaan mati, komponen elektrikal yang berada dalam kabin seperti head unit instrument clusterMulti Information Display, power window, dan lampu kabin akan tetap menyala. Hal ini bisa terjadi berkat pasokan listrik dari Lithium-Ion Battery berkapasitas 6Ah. Agar penumpang tetap merasa nyaman, disediakan pula Lead Acid Battery berkapasitas 55Ah yang dapat mengaktifkan AC dan lampu eksterior.

Ketika pengendara hendak melaju kembali, fitur ISG secara halus akan menyalakan mesin ketika melepaskan injakan kaki pada pedal rem atau pedal kopling. Peran ISG dan lithium ion battery diharapkan dapat membantu kenyamanan berkendara serta konsumsi bahan bakar yang lebih rendah. Meskipun demikian, persentase seberapa irit mesin dengan teknologi Suzuki Smart Hybrid belum diinformasikan oleh Suzuki.

Meskipun demikian, belum ada kejelasan dari PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) apakah mesin K15C akan digunakan pada seluruh varian Suzuki Ertiga atau hanya sebagian. Akankah masih ada opsi varian mesin standar K15B di Indonesia? Kita tunggu saja peluncurannya.

mobil terkait

Rp 269.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 342.000.000

Individu

BEKASI

Rp 192.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 287.000.000

Individu

BEKASI

Rp 355.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 186.000.000

Individu

BEKASI


Kembali ke atas