Begini Penjelasan Mengenai Istilah Italian Tune Up

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 25 April 2020

Begini Penjelasan Mengenai Istilah Italian Tune Up

momobil.id – Sebagian orang mungkin sudah pernah mendengar istilah Italian Tune Up, namun tidak banyak yang mengerti apa arti Italian Tune Up sebenarnya. Italian Tune Up sendiri adalah memacu kendaraan hingga menyentuh putaran puncak dalam beberapa detik. Istilah Italian Tune Up sendiri memang berasal dari Italia, dimana banyak pengemudi Italia yang suka kebut-kebutan dan memacu mobilnya dalam kecepatan tinggi.

Tentunya Italian Tune Up memiliki fungsi, yaitu memanaskan mesin untuk merontokan karbon atau kotoran sisa pembakaran yang mengerak pada mesin. Mesin akan panas pada putaran tinggi, lalu endapan akan terlepas dari dinding mesin. Endapan atau kotoran tersebut kemudian dikeluarkan melalui sistem pembuangan mobil / knalpot. Italian Tune Up ini cukup efektif dikelakukan untuk kendaraan konvensional dan kendaraan perkotaan. Selain tarikan mobil menjadi lebih enteng, karburator akan lebih bersih, sehingga pencampuran bahan bakar dan udara menjadi semakin lebih baik.

Cara Melakukan Italian Tune Up

Untuk melakukan Italian Tune Up, hal utama yang harus dilakukan adalah mencari jalan bebas hambatan. Pastikan jalanan sepi dan aman untuk memacu mobil. Matikan AC mobil untuk menghindari komponen AC atau kompressor jebol. Kemudian, mulailah jalan menggunakan gigi 1 dan injak pedal gas hingga menyentuh 5.000 – 6.000rpm. Tahan 2 sampai 3 detik, lalu masukkan ke gigi 2. Ulangi proses ini hingga gigi paling atas atau secukupnya. Jika jalanan mulai ramai maka hentikan proses ini.

Bagaimana Cara Melakukan Italian Tune Up Pada Mobil Matik?

Selain mobil manual, hal ini juga dapat dilakukan pada mobil bertransmisi otomatis. Beberapa orang berpendapat untuk memindahkan tuas persneling secara manual. Namun ada beberapa orang beranggapan bahwa lakukan hal ini dengan tuas persneling di posisi D. Pada mobil otomatis, usahakan mobil menyentuh rpm tinggi saja agar suhu dapat meningkat.

Perlu Dilakukan Secara Rutin?

Lakukan Italian Tune Up secara rutin ketika sering menggunakan mobil pada rpm rendah atau kemacetan. Lakukan 1-2 kali dalam seminggu. Hal ini tentunya bisa menjadi solusi bagi masalah kerak karbon pada mesin.

Baca Juga : Rem Mobil Mendadak Blong, Apa Saja Penyebabnya?

Alternatif Lain

Selain melakukan Italian Tune Up, ada cara lain untuk menghilangkan kerak karbon yaitu dengan menggunakan carbon clean melalui lubang busi. Carbon clean juga bisa dilakukan dengan mencampurkannya pada BBM. Tentunya cairan Carbon Clean ini tergolong mahal. Selain itu, pengemudi juga dapat membongkar mesin dan membersihkannya secara manual.

Tidak Boleh Melakukan Italian Tune Up Pada Mobil Diesel

Mesin Diesel dirancang untuk digunakan dalam rpm tinggi. Mobil bermesin diesel memiliki kompresi dan suhu operasional yang tinggi. Hal ini tentunya sangat tidak disarankan karena dapat membuat mesin overheat dan memperpendek umur mesin.



Kembali ke atas