Begini Posisi Mengemudi yang Aman bagi Ibu Hamil

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 27 March 2022

Begini Posisi Mengemudi yang Aman bagi Ibu Hamil

momobil.id – Mayoritas orang bepergian dengan kendaraan dalam kehidupan sehari-hari. Berkendara dengan mobil tentunya sudah menjadi hal yang lumrah bagi para wanita, termasuk ibu hamil. Namun, kerap kali wanita yang sedang mengandung lupa bahwa dirinya sedang hamil. Hal ini tentunya sangat berbahaya bagi keselamatan ibu dan bayi yang dikandung. Lantas, bagaimana posisi yang aman saat mengemudi bagi ibu hamil?

Terkadang posisi mengemudi ibu hamil yang mengendarai kendaraan secara mandiri terlalu dekat dengan setir, bahkan rapat. Menurut dr. Cepi Teguh Pramayadi, Sp. OG (K) FER MARS selaku Spesialis Kebidanan dan Kandungan Konsultan Fertilitas Endokrinologi dan Reproduksi Primaya Evasari Hospital, mengendarai terlalu dekat dengan setir mobil merupakan kebiasaan yang berbahaya. Posisi duduk yang tidak tepat dapat mengakibatkan setir menekan janin ibu hamil.

“Posisi duduk saat menyetir perlu menjadi perhatian. Pada trimester ketiga, hal ini perlu menjadi perhatian agar setir tidak menekan janin ibu hamil.” ujar Cepi dilansir dari Kompas.com.

Baca Juga: Tips Mengatur Posisi Mengemudi agar Nyaman Saat Berkendara

Ibu hamil disarankan untuk tidak terlalu dekat dengan setir. Lantas, posisi duduk yang ideal adalah memberi jarak yang cukup luas antara setir dan perut. Usahakan posisi setir berada mendekati dada ibu hamil, bukan pada bagian perut. Hal ini dikarenakan apabila terjadi kecelakaan, airbag akan mengembang sehingga mudah mengenai perut. Komponen airbag sendiri merupakan perangkat keselamatan yang otomatis akan mengembang apabila terjadi kecelekaan. Ketika airbag mengembang dan mengenai perut ibu hamil, maka potensi keguguran akan semakin besar. Ibu hamil juga perlu memperhatikan jarak aman antara tubuh dan setir, yaitu sekitar 25 cm.

Selain posisi perut dengan setir, ibu hamil juga perlu memperhatikan penggunaan sabuk pengaman. Posisi penggunaan sabuk pengaman yang benar yaitu pada bagian atas tulang selangka, antara lengan atas dan leher. Hindari pemasangan sabuk pengaman pada bagian atas perut, karena dapat mengakibatkan rasa sesak. Selain itu, posisi statis dalam waktu lama tentu dapat menyebabkan rasa tidak nyaman bagi ibu hamil. Membawa bantal atau ganjalan empuk juga bisa menjadi salah satu solusi. Letakkan bantal pada bagian yang nyaman.

mobil terkait

Rp 269.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 342.000.000

Individu

BEKASI

Rp 192.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 287.000.000

Individu

BEKASI

Rp 355.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 186.000.000

Individu

BEKASI


Kembali ke atas