Begini Posisi Transmisi Mobil Matik yang Benar Saat Parkir

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 16 March 2022

Begini Posisi Transmisi Mobil Matik yang Benar Saat Parkir

momobil.id – Dewasa ini, kebanyakan orang lebih memilih menggunakan mobil matik sebagai alat transportasi. Selain lebih praktis, mobil matik juga lebih mudah untuk dioperasikan ketimbang mobil manual. Namun, cara pengoperasian mobil matik berbeda dengan mobil manual, khususnya saat parkir. Pada mobil manual, biasanya pengemudi perlu memindahkan transmisi ke N, lalu menarik tuas rem tangan. Pada mobil matik, terdapat posisi P (Park) dan N (Netral) ketika mobil sedang berhenti. Lantas, manakah posisi transmisi yang benar saat mobil matik parkir?

Didi Ahadi selaku Dealer Technical Support PT Toyota Astra Motor (TAM) menjelaskan bahwa posisi transmisi yang benar pada mobil matik saat parkir adalah P. Apabila posisi transmisi di N, kunci mobil tidak bisa ditarik ketika mobil dimatikan.

“Untuk parkir mobil matik harus di posisi P, karena apabila mesin dimatikan di posisi N, kunci mobil tidak dapat dilepas,” jelas Didi dilansir dari Kompas.com.

Baca Juga: Kenali Tips Memindahkan Transmisi pada Mobil Matik

Pada mobil yang menggunakan sistem smart entry, indikator mobil akan kembali mengingatkan pengemudi untuk memindahkan posisi transmisi. Selain itu, pemilik mobil matik tidak disarankan untuk mengandalkan rem tangan hanya agar mobil tidak bergerak. Hal ini dapat berdampak buruk terhadap kondisi komponen kendaraan.

Perlu dicatat bahwa posisi transmisi di P harus dilakukan ketika mobil diparkir lama atau sebentar. Sementara itu, posisi transmisi di N bukan digunakan untuk parkir, melainkan saat kondisi mesin hidup.

mobil terkait

Rp 269.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 342.000.000

Individu

BEKASI

Rp 192.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 287.000.000

Individu

BEKASI

Rp 355.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 186.000.000

Individu

BEKASI


Kembali ke atas