Begini Spesifikasi MG ZS EV yang Resmi Dirakit di Indonesia

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 16 November 2023

Begini Spesifikasi MG ZS EV yang Resmi Dirakit di Indonesia

momobil.id – Morris Garage Motor Indonesia (MG Motor) resmi mengumumkan mobil listrik rakitan lokal pertamanya, MG ZS EV. Mobil SUV bertenaga listrik tersebut akan dirakit CKD (Completely Knocked Down) di fasilitas perakitan SAIC (Shanghai Automotive Industry Corporation) di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat. Lantas, bagaimana dengan spesifikasi dari MG ZS EV di Indonesia?

“Line up pertama yang akan kami produksi melalui proses CKD adalah New MG ZS EV dimulai pada bulan Februari 2024. Ini akan diikuti peluncuran kendaraan listrik kami berikutnya, MG 4 EV,”¬†ujar Arief Syarifudin selaku Marketing dan PR Director MG Motor Indonesia, dilansir dari detikOto.

MG ZS EV akan menjadi mobil pertama yang diproduksi oleh Pabrik MG Motor Indonesia di Cikarang. Pabrik tersebut akan memulai produksinya pada Februari 2024 dengan kapasitas 100.000 unit per tahun. Perakitan MG ZS EV dan MG 4 EV nantinya merupakan bentuk komitmen MG dalam mendukung target pemerintah Indonesia untuk mencapai net zero emission pada tahun 2060.

Sebelumnya, MG Indonesia sudah memperkenalkan MG ZS EV pada ajang Gaikindo Indonesia International Motor Show (GIIAS) 2023 lalu. Soal harga, MG masih enggan memberikan informasi lebih detail. Meskipun demikian, pihaknya membocorkan harga MG ZS EV CKD akan berada di kisaran Rp500 juta hingga Rp550 juta.

Mengenai MG ZS EV

MG ZS EV merupakan versi kendaraan elektrifikasi dari MG ZS yang sudah beredar di Indonesia. SUV ini hadir dengan penampilan dan dimensi yang serupa dengan varian standarnya. MG ZS EV memiliki panjang 4.323 mm, lebar 1.809 mm, tinggi 1.649 mm, dan jarak wheelbase 2.585 mm.

Meskipun mengambil basis yang serupa dengan versi standarnya, tampilan dari MG ZS EV sedikit diberi revisi. Pada bagian depan, ZS versi listrik ini menggunakan grille yang tertutup dengan port pengisian daya. Mobil ini juga menggunakan velg dengan aero wheel cover yang futuristik serta tidak memiliki knalpot pada bagian belakang.

Masuk ke bagian interior, MG ZS EV tampak modern berkat layar head unit 10 inci yang sudah terkoneksi dengan Apple CarPlay dan Android Auto. Kabin dari MG ZS diberi nuansa berwarna hitam dengan material kulit pada bagian jok. Selain itu, ciri khas mobil listrik terlihat lewat penggunaan gear selector berbentuk kenop putar.

Baca Juga: MG Umumkan Harga MG 4 EV, Mulai Rp600 Jutaan

Fitur pada MG ZS EV

MG ZS EV dibekali dengan berbagai fitur yang mampu mendukung kenyamanan dan keselamatan penumpang. Fitur kenyamanan yang diusung meliputi multi function steering wheel audio control, AC dengan teknologi Air Purifying PM 2.5, dan IMAX Panoramic Sunroof.

Salah satu fitur menarik yang ditanamkan pada MG ZS EV adalah teknologi i-Smart. Teknologi ini terdiri dari beragam fitur diantaranya, smart command, smart check, dan smart connect. Smart check merupakan fitur yang dapat memeriksa kondisi kendaraan secara real time, sementara smart connect merupakan fitur yang dapat menghubungkan pengguna dengan dunia luar. Fitur smart command mampu mengatur pengaturan kendaraan hanya dengan suara. Selain itu, mobil ini juga memiliki fitur smart drive yang mampu berkendara secara semi-otonom.

Untuk fitur keselamatannya, mobil ini sudah dibekali dengan forward collision warning, adaptive cruise control. traffic jam assist, dan emergency keeping lane assist.

Sektor Performa

Untuk penggeraknya, MG ZS EV mengandalkan motor listrik Permanent Magnet Synchronous Motor pada bagian depan yang mampu menghasilkan tenaga 177 hp dan torsi puncak 280 Nm.

Motor listrik pada roda depan ditenagai oleh baterai lithium-ion berkapasitas 50,3 kWh. Dalam pengisian daya normal, baterai tersebut terisi 0-100% dalam waktu 7 jam. Pengisian daya baterai menggunakan fast charging membutuhkan waktu yang lebih cepat. Dengan baterai berkapasitas 50,3 kWh, MG ZS EV mampu melaju sejauh 403 km dalam sekali pengisian daya penuh.

mobil terkait

Rp 158.000.000

Individu

BANYUASIN

Rp 175.000.000

Individu

MAGELANG

Rp 285.000.000

Individu

MAGELANG

Rp 370.000.000

Individu

MAGELANG

Rp 165.000.000

Individu

SIDOARJO

Rp 145.000.000

Individu

SIDOARJO


Kembali ke atas