Begini Teknik Mendorong Mobil Mogok yang Benar

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 9 May 2022

Begini Teknik Mendorong Mobil Mogok yang Benar

momobil.id – Mobil merupakan salah satu alat transportasi yang banyak digunakan oleh masyarakat. Meskipun lebih nyaman, masalah tidak luput dari berkendara menggunakan mobil. Salah satu masalah yang sering terjadi adalah mobil yang mogok. Resiko mobil mogok bisa saja terjadi, baik mobil bertransmisi otomatis maupun manual. Saat mengalami mesin yang mogok mendadak, tentunya pemilik mobil tentu melakukan hal yang tepat. Jika ditangani secara sembarangan, kerusakan mobil akan semakin parah. Oleh karena itu, berikut ini adalah teknik mendorong mobil mogok dengan benar.

Mendorong Mobil Matik yang Mogok

Ketika mendorong mobil matik yang mogok, pengemudi harus memperhatikan beberapa hal. Ketika mobil matik mogok, disarankan untuk mendorong dengan jarak yang kurang dari 15 km, dan hanya boleh didorong untuk dipindahkan ke bahu jalan. Doronglah mobil matik pada posisi transmisi “Netral” atau “N”. Mendorong tidak pada posisi gigi netral dapat mengakibatkan gesekan yang sangat besar. Hal ini tentu dapat menyebabkan logam penggerak transmisi mobil rontok dan transmisi bermasalah.

Baca Juga: Busi Bermasalah Bisa Mengakibatkan Mobil Mogok, Kenali Ciri-cirinya

Mendorong Mobil Manual

Untuk teknik mendorong mobil manual yang mogok, pastikan meminta bantuan terlebih dahulu sebelum mendorong mobil. Setelah itu, duduklah di kursi penumpang. Geserlah tuas transmisi ke posisi gigi 2 dan injak pedal kopling. Mendorong mobil pada posisi transmisi di gigi 1 juga bisa, namun mobil akan lebih berat ketika didorong. Biarkan mobil didorong dan melaju agak cepat. Lalu, lepaskan pedal kopling secara cepat agar mobil bisa kembali hidup. Apabila mesin mobil masih tidak menyala, lakukan teknik yang sama hingga mesin menyala.

Hati-Hati Mendorong Mobil Mogok

Mendorong mobil mogok secara sembarangan dapat mengakibatkan masalah pada bagian transmisi. Tumbukan pada gigi transmisi bisa saja terjadi apabila mobil didorong secara paksa. Permukaan gigi akan rusak dan cepat aus. Hal ini tentunya dapat menimbulkan kesulitan dalam memindahkan gigi ketika melajukan mobil. Gigi mobil bisa copot apabila kerusakan transmisi semakin parah dan gaya dorong mobil semakin besar.

mobil terkait

Rp 269.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 342.000.000

Individu

BEKASI

Rp 192.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 287.000.000

Individu

BEKASI

Rp 355.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 186.000.000

Individu

BEKASI


Kembali ke atas