Begini Tips Merawat Sliding Door Agar Tetap Awet

Ditulis oleh : admin | 15 February 2022

Begini Tips Merawat Sliding Door Agar Tetap Awet

momobil.id – Mobil dengan pintu geser atau yang sering kita dengar dengan istilah sliding door kini banyak digemari oleh masyarakat karena daya tariknya yang membuat mobil terkesan mewah dan unik. Selain itu sliding door pada mobil membuat kabin menjadi terasa lebih luas. Sliding door juga tidak memakan tempat ketika membuka mobil pada lokasi parkiran yang sempit. Sliding door juga terkenal dengan kemudahannya bagi anak-anak maupun lansia untuk akses masuk dan keluar mobil. Namun dengan banyaknya keuntungan menggunakan sliding door, ada juga resikonya. Apalagi komponen pada sliding door yang berbeda dengan pintu mobil berengsel. Oleh karena itu, wajib untuk memperhatikan kondisi komponen tersebut agar tidak mudah rusak, serta mengetahui tips cara merawat sliding door mobil. 

Merawat sliding door tidak sesusah apa yang dibayangkan. Namun diperlukan konsistensi dalam perawatannya agar tetap awet dan dapat digunakan secara optimal. 

Baca Juga: Apa Saja Kelebihan Mobil dengan Sliding Door?

“Paling utama hindari buka-tutup pintu saat mesin mati. Karena, pada pintu geser yang menggunakan sistem elektrik, ketika mesin mati akan mengurangi daya pada aki,” ujar Didi Ahadi, Dealer Technical Support Dept. Head PT TAM dilansir kompas.com.

Selain itu tips selanjutnya untuk merawat sliding door agar tetap awet adalah penggunaannya. Ketika menggunakan sliding door, jangan mempercepat gerakan pintu ketika bergerak menutup maupun ketika membuka. Mempercepat gerakan pintu dapat merusak kerja sistem elektrik pada sliding door tersebut. 

Selain memperhatikan hal tersebut, merawat sliding door dapat dilakukan dengan memastikan leher dalam kondisi baik. Pengemudi dapat mengecek ketika terdengar suara pada leher. Apabila itu terjadi, pastikan untuk melakukan perawatan dengan memberikan pelumas supaya lebih licin. Perhatikan juga untuk pelumas yang digunakan. Pastikan pelumas bukan berupa cairan yang mengandung oli, karena penggunaan oli akan memudahkan kotoran seperti debu untuk menempel.

mobil terkait

Rp 269.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 342.000.000

Individu

BEKASI

Rp 192.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 287.000.000

Individu

BEKASI

Rp 355.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 186.000.000

Individu

BEKASI


Kembali ke atas