Belum Banyak yang Tahu, Ini Manfaat Kaca Film Mobil

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 7 June 2020

Belum Banyak yang Tahu, Ini Manfaat Kaca Film Mobil

momobil.id – Masih banyak pemilik mobil yang mengira bahwa penggunaan kaca film hanya sebagai aksesoris mobil saja. Anggapan tersebut merupakan anggapan keliru, karena kaca film memiliki banyak manfaat selain menjadi aksesoris mobil saja. Manfaat kaca film jauh lebih penting dibanding sekedar estetika, Berikut adalah manfaat yang didapatkan ketika memasang kaca film pada mobil.

Kaca Film Sebagai Pengaman dan Privasi

Salah satu fungsi kaca film adalah membatasi visibilitas orang dari luar mobil. Dengan adanya kaca film, orang dari luar tidak bisa mengamati apa yang ada di dalam mobil. Hal ini juga berfungsi untuk menurunkan peluang terjadinya kejahatan, karena pelaku kejahatan akan kesulitan menerawang kabin mobil. Selain mencegah tingkat kejahatan, kaca film juga dapat berfungsi untuk melindungi privasi. Jadi pengemudi mobil bebas melakukan aktivitas di dalam mobil tanpa terganggu oleh orang di luar.

Anti Panas

Kaca film dapat melindungi pengemudi dan penumpang dari panas dan paparan sinar ultraviolet. Hal ini karena panas dapat diserap dan dipantulkan kembali oleh kaca film, sehingga suhu di dalam kabin dapat terjaga. Pengemudi dan penumpang akan merasa kabin mobil menjadi lebih sejuk ketika menggunakan kaca film. Semakin baik kualitas dari kaca film, maka semakin baik kinerja kaca film tersebut untuk menyerap panas dan membuat nyaman penumpang.

Anti Silau dan Membuat Nyaman

Adanya kaca film dapat membuat berkendara lebih baik dan lebih nyaman. Sinar matahari yang dapat mengganggu pandangan akan terhalang oleh kaca film, sehingga pandangan tidak akan terlalu silau. Hal ini tentunya membuat berkendara lebih nyaman, baik bagi pegemudi, maupun bagi penumpang.

Baca Juga : 4 Cara Membersihkan Kaca Mobil Agar Tidak Buram

Melindungi Penumpang dari Pecahan Kaca

Selain melindungi panas dan anti silau, kaca film juga dapat melindungi penumpang dari pecahan kaca ketika terjadi kecelakaan. Cara pemasangan kaca film tentu saja direkatkan pada bagian kaca mobil. Bagian perekat inilah mencegah kaca yang pecah berhamburan jika terjadi kecelakaan. Tentunya kaca film ini tidak mampu melindungi penumpang seutuhnya. Kaca film hanya mampu membantu untuk mengurangi dampak dari pecahan kaca ketika terjadi kecelakaan.

Mampu Menghemat Bahan Bakar

Kaca film mampu membuat suhu udara di dalam kabin mobil menjadi lebih sejuk. Kabin mobil yang sejuk membuat penggunaan AC menjadi lebih berkurang, sehingga tidak memakan energi yang terlalu besar. Dampak positifnya, pengemudi bisa lebih menghemat konsumsi bahan bakar.

Artistik

Kaca film memiliki berbagai macam model dan desain yang cukup estetis jika dipandang. Oleh karena itu, tidak sedikit pemilik mobil memilih kaca film berdasarkan fungsi estetika. Ada dua hal yang menjadi pertimbangan membeli kaca film, yaitu motif dan warna. Keserasian warna kaca film dengan mobil dapat memberikan kesan estetika yang baik.


Kembali ke atas