Benarkah Isi BBM Sampai Luber Punya Dampak Negatif?

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 20 June 2020

Benarkah Isi BBM Sampai Luber Punya Dampak Negatif?

momobil.id – Membiarkan tangki bensin terlalu lama dalam keadaan kosong bisa menimbulkan dampak negatif seperti munculnya korosi. Namun kebiasaan isi BBM hingga luber dari tangki juga dinilai bukan hal yang bagus karena ada sisi negatifnya.

Jika nozzle sudah berbunyi klik ketika isi BBM, ada yang berpendapat sebaiknya jangan diteruskan hingga luber ke bibir tangki. Ada beberapa alasan mengapa sebaiknya tetap menyisakan sedikit ruang di dalam tangki BBM. Hal ini dikarenakan beberapa sifat alami dari bahan bakar itu sendiri yang bisa berakibat negatif jika diisikan terlalu penuh hingga luber. Berikut penjelasan selengkapnya.

Mudah menguap

Bensin memiliki sifat cepat menguap. Sifat itu juga berguna dalam membantu proses pembakaran jadi lebih sempurna. Dengan adanya ruang kosong di tangki, sebagian bensin akan berfase gas di dalam tangki. Hal tersebut akan membantu proses pembakaran di ruang bakar mesin. Jika tangki bensin tidak lagi memiliki ruang kosong, artinya tidak ada bensin yang berfase uap, hal tersebut sedikit banyak mempengaruhi pembakaran jadi kurang sempurna.

Masalah lain dari sifat bensin yang mudah menguap adalah polusi udara jika tangki diisi terlalu penuh. Bensin akan tetap menguap dan mencari celah untuk keluar dari tangki karena tanki yang terlalu penuh mengalami tekanan lebih banyak.

Karena alasan ini, sebagian besar tangki bensin menggunakan sistem pemulihan uap berupa charcoal canister untuk mengurangi efek yang merugikan. Beberapa tangki BBM mobil juga meminimalkan pelepasan uap dengan menggunakan charcoal canister yang mengumpulkan uap agar kembali ke ruang bakar.

Bersifat ekspansif

Alasan lain mengapa sebaiknya tak perlu mengisi tangki bensin terlalu penuh karena sifat bensin yang berubah volumenya seiring perubahan temperatur. Hal tersebut menghasilkan tekanan yang tidak perlu pada tangki bensin, apalagi saat mobil parkir di tempat yang panas.

Baca juga: Mobil Lama Parkir di Rumah, Periksa Komponen Ini Sebelum Kembali Beraktivitas

Adapun pendapat berbeda diungkapkan oleh Suzuki di situs resminya. Menurut Suzuki, membiarkan seperempat tangki BBM dalam keadaan kosong sudah tidak tepat karena mobil masa kini sudah dilengkapi vapor recovery system yang berfungsi menekan penguapan meski tangki BBM dalam kondisi terisi penuh.


Kembali ke atas