Benarkah Knalpot Mobil Keluar Air Tanda Mesin Bermasalah?

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 23 June 2022

Benarkah Knalpot Mobil Keluar Air Tanda Mesin Bermasalah?

momobil.id – Saat memanaskan mesin mobil, terkadang pemilik mobil menemukan adanya air keluar dari knalpot mobil. Kebanyakan orang beranggapan bahwa keluarnya air dari knalpot merupakan salah satu kerusakan pada mesin. Tidak sedikit juga orang menganggap bahwa ada kebocoran pada komponen tertentu. Lantas, apakah kondisi knalpot mobil yang mengeluarkan air bisa dibilang berbahaya?

Knalpot pada umumnya mengeluarkan gas yang berasal dari hasil pembakaran mesin. Namun, tidak jarang knalpot mengeluarkan air saat hendak digunakan. Dilansir dari Auto2000, adanya air yang keluar dari knalpot sebenarnya tidak berbahaya. Kondisi tersebut merupakan kondisi yang normal, dan menandakan bahwa mesin dalam keadaan baik-baik saja. Fenomena ini juga menjadi hal yang wajar bagi mobil electronic fuel injection (EFI).

Baca Juga: Penasaran Mengapa Knalpot Mobil Nembak-nembak? Ternyata Ini Penyebabnya

Proses pembakaran dalam ruang mesin terdiri dari karbon dioksida dan uap air. Ketika suhu di sekitar mobil sedang rendah, maka intensitas uap air yang keluar dari knalpot pun menjadi lebih besar. Alhasil knalpot mengeluarkan air. Jika air yang keluar hanya tetesan, hal ini tidak mengindikasikan kerusakan pada mobil. Apabila volume air yang dikeluarkan cukup banyak, maka pemilik mobil perlu mengecek kembali kendaraan.

Air yang keluar dari knalpot cukup banyak menandakan ada indikasi kerusakan pada bagian mobil. Biasanya air yang keluar cukup banyak disebabkan karena kendaraan melewati banjir, atau kendaraan baru selesai dicuci. Air yang masuk ke dalam knalpot biasanya akan tertampung di muffler agar tidak masuk ke ruang mesin. Pemilik mobil tidak perlu khawatir, sebab air yang tertampung akan otomatis keluar sendiri ketika mesin dihidupkan. Apabila air tidak kunjung keluar, tekanlah pedal gas hingga mencapai putaran 4.000 RPM. Hal tersebut dilakukan agar air keluar dari knalpot.

mobil terkait

Rp 269.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 342.000.000

Individu

BEKASI

Rp 192.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 287.000.000

Individu

BEKASI

Rp 355.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 186.000.000

Individu

BEKASI


Kembali ke atas