Benarkah Lampu Utama Mobil Berwarna Kuning Lebih Aman?

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 9 March 2022

Benarkah Lampu Utama Mobil Berwarna Kuning Lebih Aman?

momobil.id – Seiring dengan berkembangnya teknologi, banyak produsen otomotif menyematkan teknologi canggih pada produknya. Selain teknologi baru dibuat untuk meningkatkan penjualan, penyematan teknologi canggih pada kendaraan juga dapat memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi konsumen. Salah satu teknologi yang cukup canggih disematkan pada kendaraan adalah lampu utama. Untuk mobil keluaran lama, sebagian besar mobil menggunakan lampu utama berwarna kuning yang masih menggunakan bohlam. Sedangkan untuk mobil modern, penggunaan lampu utama sudah menggunakan lampu LED berwarna putih. Perbedaan lampu ini sempat menimbulkan pertanyaan, lampu manakah yang aman digunakan saat berkendara?

Sebagian besar orang mengatakan bahwa lampu utama berwarna kuning lebih aman. Hal ini dikarenakan kemampuannya lebih bagus untuk menembus kabut dan hujan. Namun, tidak sedikit yang menyangkal dan berpendapat bahwa lampu berwarna putih yang mengusung teknologi LED lebih baik. Menurut Marcell Kurniawan selaku Training Director The Real Driving Centre, lampu bohlam berwarna kuning dan lampu LED berwarna putih memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing.

“Lampu kuning lebih aman untuk pengendara lain karena lebih nyaman di mata. Lalu lebih mampu menembus hujan dan kabut. Tapi, kekurangannya adalah visibilitas malah lebih rendah saat kondisi normal,” kata Marcell dilansir dari Kompas.com.

Baca Juga: Sebaiknya Jangan Nyalakan Lampu Kabin Ketika Mengemudi, Ini Sebabnya

Menurutnya, Lampu berwarna kuning lebih nyaman untuk digunakan, karena cahaya tidak terlalu terang. Selain itu, lampu kuning juga memiliki kemampuan yang baik untuk mengatasi kabut dan hujan. Namun, kekurangannya visibilitas lebih rendah jika digunakan dalam keadaan normal. Sebaliknya. Lampu LED berwarna putih memiliki visibilitas yang lebih bagus ketimbang lampu berwarna kuning.

Visibilitas lampu LED sudah lebih baik untuk menembus berbagai kondisi seperti hujan dan kabut, karena lampu ini memiliki warna yang terpancar layaknya sinar matahari. Namun, kekurangan lampu berwarna putih lebih menyilaukan bagi pengemudi lain. Oleh karena itu, bagi pemilik mobil dengan lampu berwarna putih disarankan untuk tidak menggunakan mode lampu jauh. Tidak hanya menyorot cahaya ke jalanan, lampu LED dengan mode jauh dapat menyilaukan dan mengganggu visibilitas pengemudi lain.

mobil terkait

Rp 269.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 342.000.000

Individu

BEKASI

Rp 192.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 287.000.000

Individu

BEKASI

Rp 355.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 186.000.000

Individu

BEKASI


Kembali ke atas