Benarkah Mobil Mesin Diesel Lebih Irit Dibandingkan Bensin?

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 13 March 2022

Benarkah Mobil Mesin Diesel Lebih Irit Dibandingkan Bensin?

momobil.id – Banyak hal yang dipertimbangkan saat membeli mobil, salah satunya adalah soal konsumsi BBM. Minat konsumen tentunya semakin tinggi apabila mobil irit bahan bakar. Saat hendak membeli mobil, tentunya ada berbagai pilihan mesin, salah satunya adalah mesin diesel. Bagi sebagian masyarakat berpendapat bahwa mobil mesin diesel lebih irit dibandingkan dengan mobil bermesin bensin. Benarkah demikian?

Mobil diesel tentunya memiliki karakter yang berbeda dengan mesin bensin, terutama soal konsumsi bahan bakar. Menurut Suparna selaku Kepala Bengkel Auto 2000, mobil bermesin diesel lebih irit dibandingkan dengan mesin bensin. Ada beberapa hal yang dapat menunjang hal ini.

Mesin Diesel Menggunakan Kompresi Tinggi

Salah satu perbedaan mesin diesel dengan mesin bensin ada pada kompresinya. Mesin diesel memakai kompresi yang sangat tinggi, sehingga tenaga yang dihasilkan lebih besar per CC bahan bakar. Disamping itu, efisiensi thermis mesin diesel lebih bagus jika dibandingkan mesin bensin. Kinerja mesin yang efisien membuat pembakaran juga lebih efisien.

Baca Juga: Apa Dampaknya Jika Mobil Diesel Menggunakan Oli Mesin Mobil Bensin?

Kandungan Kalori pada Solar Lebih Besar dari Bensin

Penyebab mesin diesel lebih irit daripada bensin adalah pada bahan bakarnya. Solar memiliki kandungan kalori lebih besar dibandingkan dengan bensin. Oleh karena itu, solar mampu menghasilkan tenaga yang lebih besar, meskipun jumlahnya sama dengan mesin bensin. Maka dari itu mesin yang menggunakan solar menjadi lebih irit jika dibandingkan mesin yang memakai bahan bakar bensin.

Mesin Diesel Lebih Bertenaga

Karakter mesin diesel yaitu menggunakan tipe mesin long stroke. Sedangkan kebanyakan mesin bensin menggunakan mesin tipe square. Dengan penggunaan tipe mesin ini, mesin diesel menghasilkan tenaga yang lebih besar ketimbang mesin bensin.

mobil terkait

Rp 269.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 342.000.000

Individu

BEKASI

Rp 192.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 287.000.000

Individu

BEKASI

Rp 355.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 186.000.000

Individu

BEKASI


Kembali ke atas