Benarkah Rem Mobil Bisa Macet Jika Melewati Genangan Air?

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 29 October 2020

Benarkah Rem Mobil Bisa Macet Jika Melewati Genangan Air?

momobil.id – Ketika sedang hujan dan ada beberapa daerah yang tergenang air, beberapa orang memilih menghindari melewati daerah tersebut. Ada yang beranggapan lebih baik menghindari melewati jalan yang tergenang air karena khawatir komponen rem mobil akan macet.

Lalu, benarkah menerobos genangan air akan membuat rem mobil menjadi macet? Menurut Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Bambang Supriyadi, rem yang macet bisa saja terjadi pada kendaraan, namun kondisinya terendam dan mobilnya diam.

“Kalau kerendam kemudian air masuk ke komponen rem, bisa saja mengakibatkan karat dan macet,” ucap Supriyadi kepada Kompas.com, belum lama ini. Mobil yang terendam banjir, komponen rem sebaiknya dibersihkan dan dikeringkan. Mengingat fungsi rem yang sangat penting, bisa menjadi bahaya jika rem mengalami macet saat digunakan.

“Saat kerendam, piston dan silinder yang ada di komponen rem bisa berkarat. Berbeda jika hanya melewati genangan,” kata Supriyadi. Supriyadi mengatakan, kalau hanya lewati genangan, hanya perlu disemprot dengan air bersih remnya setelah sampai di rumah. Kemudian untuk mengeringkan kampasnya, bisa dengan berjalan perlahan.

Baca juga: Cara Menangani Mobil Mogok Akibat Terendam Banjir

Adapun batas aman mobil dapat melewati genangan air atau banjir yakni 30 cm di bawah air intake (saluran udara). Lantaran tak semua mobil memiliki posisi air intake yang sama, pemilik kendaraan perlu mengetahui di mana letak air intake mobilnya.

Mobil masih aman melintas jika genangan air masih di bawah body kendaraan. Disarankan agar menghindari genangan air yang cukup tinggi. Karena jika sudah sejajar dengan mesin, itu sudah berbahaya. Air akan masuk ke dalam filter udara dan masuk ke ruang mesin sehingga dapat menimbulkan water hammer atau piston bengkok.

Sumber gambar: Shutterstock


Kembali ke atas