Cegah COVID-19, Bengkel Mobil Terapkan Kewajiban Penyemprotan Disinfektan

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 30 March 2020

Cegah COVID-19, Bengkel Mobil Terapkan Kewajiban Penyemprotan Disinfektan

momobil.id – Pandemi coronavirus (COVID-19) yang saat ini juga menyebar di Indonesia turut berdampak pada kegiatan operasional sehari-hari bengkel resmi. Beberapa bengkel mobil resmi menerapkan protokol baru sebelum melakukan perawatan ke mobil konsumen.

Jika dulu mobil konsumen bisa langsung dinaikkan ke stall, kini mobil wajib disemprot disinfektan terlebih dahulu. Seperti Suzuki, yang sudah menerapkan hal tersebut di beberapa jaringan dealer mereka. Menurut Head of Service PT Suzuki Indomobil Sales, Riecky Patrayudha, penyemprotan cairan disinfektan ini dilakukan guna mengantisipasi adanya virus corona maupun kuman yang mungkin melekat di mobil.

Contoh penerapan protokol ini di bagian eksterior seperti peyemprotan di area-area yang sering disentuh seperti kap mesin depan, spion, bagian pintu, dan tentunya gagang pintu. Sedangkan di bagian interior, penyemprotan dilakukan di dek bawah, kemudi, dan jok.

“Beberapa jaringan dealer kami sudah menetapkan protokol seperti itu sekarang. Sebelum dikerjakan mekanik, mobil disemprot dulu eksterior dan interiornya untuk menetralisir virus tersebut,” ujar Riecky seperti dilansir Kompas.com.

Meski menggunakan disinfektan, Riecky mengklaim cairan yang digunakan tidak berbahaya untuk manusia maupun bagian interior dan body mobil. “Tujuannya untuk mentralisir bila ada virus tersebut. Jadi ini upaya kami juga untuk mencegah penularan baik ke konsumen atau ke tenaga pekerja kami, terutama di area bengkel,” jelas Riecky.

Hal serupa juga dilakukan beberapa bengkel resmi mobil Toyota. Suparna selaku Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak menuturkan pihaknya sudah menerapkan protokol yang sama, namun caranya berbeda. Menurutnya cairan disinfektan hanya disemprotkan ke bagian eksterior yang sering disentuh. Sedangkan di bagian interior hanya di lingkar kemudi dan door trim menggunakan cairan sanitizer.

Baca juga: Tips Membersihkan Interior Mobil untuk Mencegah Virus Corona

Untuk mensterilkan kabin, mobil konsumen akan disemprotkan dengan carfresh disinfektan khusus interior. Cairan ini tidak sama dengan yang digunakan untuk bagian eksterior atau tubuh manusia. Carfresh disinfektan memiliki fungsi membunuh kuman dan virus di dalam kabin. Namun lebih aman dihirup manusia karena tak mengandung banyak senyawa kimia.

“Penyemprotan kami lakukan pada saluran AC dan porsinya tidak banyak karena sudah optimal. Ini juga kami kerjakan dengan izin pemilik mobil,” kata Suparna. Adapun tenaga kerja yang berada di area bengkel juga sudah dilengkapi masker, sarung tangan, dan hand sanitizer sebagai prosedur tambahan selama pandemi COVID-19.



Kembali ke atas