Berawal dari Tuas Kayu, Ini Sejarah Evolusi Roda Kemudi Peugeot

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 9 June 2020

Berawal dari Tuas Kayu, Ini Sejarah Evolusi Roda Kemudi Peugeot

momobil.id – Roda kemudi atau biasanya disebut sebagai setir merupakan komponen yang paling vital dari kendaraan. Komponen penting ini bukan hanya berfungsi mengarahkan mobil ke kanan dan kiri saja. Seiring perkembangan zaman, roda kemudi mengalami evolusi dengan penambahan fitur seperti klakson, dan pengaturan fitur pada mobil.

Pada awalnya, kendaraan tidak digerakkan lewat roda kemudi, namun menggunakan tuas. Penemuan roda kemudi pun berawal pada tahun 1894, dimana Alfred Vecharon menggunakan alat berbentuk lingkaran untuk mengatur roda mobil bernama “Panhard” pada balapan Paris-Rouen. Pada masa itu, masih banyak kendaraan yang menggunakan tuas pengatur arah, dan Lomba Paris Loeun juga dikenal sebagai ajang publikasi teknologi kendaraan. Penggunaan roda kemudi ini kemudian mulai menyebar luas dan mulai menggantikan tuas pengatur arah untuk mengendalikan roda kendaraan. Mulai tahun 1989, roda kemudi mulai menjadi fitur standar kendaraan. Menanggapi hal ini, Peugeot selaku salah satu produsen mobil asal Perancis muali menerapkan roda kemudi pada mobilnya.

Awal Mula Roda Kemudi Peugeot

Peugeot Type 36

Peugeot menerapkan sistem kemudi pertama kali pada mobil keluaran tahun 1901, yaitu Peugeot Type 36. Banyak inovasi yang dilakukan Peugeot terhadap mobil ini, diantaranya adalah roda kemudi dan kap mesin yang pada saat itu merupakan hal yang baru. Seiring perkembangan zaman, Peugeot melakukan berbagai macam inovasi pada roda kemudinya. Perubahan roda kemudi terletak pada bahan dasar, bahan pembungkus, bentuk roda kemudi, dan penyematan teknologi. Pada tahun 1990, roda kemudi bukan hanya berfungsi untuk mengemudikan mobil, namun didalamnya berisi banyak teknologi seperti airbag, klakson, dan power steering.

Roda Kemudi pada Balap Mobil

Salah satu bagian terpenting dalam lomba balap terdapat pada roda kemudi. Bahkan, dibuatnya roda kemudi untuk lomba balap memiliki peranan penting dalam perkembangan inovasi bentuk dan fungsi dari roda kemudi. Sebagai contohnya, Peugeot 908 memasukkan seluruh kontrol kendaraan pada roda kemudinya. Desain dari kemudi Peugeot 908 ini kemudian diaplikasikan pada mobil harian dengan menyematkan beberapa teknologi kontrol dan fungsi. Sebagai contohnya, fungsi audio control dan cruise control pada mobil saat ini terdapat pada roda kemudi.

Baca Juga : Berawal dari Mobil Militer, Ini Sejarah Toyota Land Cruiser

Peugeot i-Cockpit

Peugeot i-Cockpit pada Peugeot 308 II

Evolusi roda kemudi Peugeot tidak sampai situ saja. Pada tahun 2012, Peugeot memperkenalkan PEUGEOT i-Cockpit pada Peugeot 208. i-Cockpit merupakan salah satu inovasi terbesar, dimana roda kemudi didesain secara kompak dan ergonomis. Roda kemudi di desain ulang agar memberikan genggaman yang baik dan pandangan yang lebih jelas, baik terhadap jalan maupun instrumen kendaraan. Sampai saat ini, Peugeot i-Cockpit merupakan teknologi yang sangat unik sekaligus menjadi ciri khas bagi Peugeot. i-Cockpit merupakan salah satu bagian dari respon Peugeot terhadap ambisinya memberikan desain interior yang stylish dengan teknoogi tinggi yang aman bagi pengemudi. Teknologi roda kemudi ini sekarang diaplikasikan pada Peugeot 3008 dan Peugeot 5008 yang dijual di Indonesia.

Sumber gambar: wikipedia.org.



Kembali ke atas