Berbahaya! Jangan Mengemudi Pakai High Heels

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 14 October 2020

Berbahaya! Jangan Mengemudi Pakai High Heels

momobil.id – Tak hanya pria, kaum wanita kini juga banyak yang mengemudikan sendiri mobilnya. Ada satu hal penting yang perlu diingat ketika wanita menyetir mobil sendiri. Pengemudi wanita jangan mengemudi pakai high heels karena hal ini berkaitan dengan faktor keamanan.

Seperti disebutkan di atas, alasan jangan mengemudi pakai high heels karena berkaitan dengan faktor kenyamanan dan keamanan selama dalam perjalanan. Sepatu yang memiliki hak tinggi bisa membuat kaki menjadi tidak nyaman saat menginjak gas atau pedal rem. Belum lagi bahaya lain jika terjadi hal yang tidak diinginkan, karena bisa menyebabkan kecelakaan dan cedera.

Alas kaki yang tinggi, apalagi yang memiliki dimensi tebal, juga akan membuat feeling berkendara menjadi kurang peka. Misalnya ketika akan mengendalikan tekanan gas atau saat akan melakukan pengereman.

Dampak negatif lain dari penggunaan high heels ketika mengemudi yakni gerak kaki menjadi tak leluasa dan fleksibel ketika sewaktu-waktu membutuhkan reflek atau respon tinggi. Misalnya ketika harus mengerem secara mendadak. Hal ini tentu sangat berbahaya karena kaki menjadi kesulitan menginjak rem dengan kadar yang dibutuhkan akibat terhalang high heels.

Karenanya, pengemudi wanita yang suka menggunakan high heels sebaiknya membawa alas kaki cadangan ketika mengemudi. Alas kaki yang baik untuk mengemudi adalah yang tapaknya datar. Namun tak disarankan menggunakan sendal jepit.

Baca juga: Membandingkan Mobil Mesin Diesel dan Bensin, Mana yang Lebih Irit?

Perlu diingat, jangan juga menyetir tanpa memakai alas kaki karena hal tersebut bisa sangat berbahaya. Kenapa berbahaya? Karena jikaterjadi hal yang tidak diinginkan, tak memakai alas kaki bisa memperparah kondisi cedera seperti tertusuk besi yang terdapat di sekitar pedal rem atau gas.

Jangan lupa juga untuk memastikan di sekeliling ruang kaki terbebas dari sepatu atau sandal yang tak dipakai. Hal ini penting diperhatikan karena saat melakukan pengereman secara mendadak, mungkin saja benda-benda tersebut menjadi penghalang pedal rem.

Sumber gambar: Express.co.uk


Kembali ke atas