Berbanderol Rp54 Miliar, Lamborghini Sian Roadster Ludes Terjual

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 19 July 2020

Berbanderol Rp54 Miliar, Lamborghini Sian Roadster Ludes Terjual

momobil.id – Lamborghini belum lama ini memperkenalkan varian baru di jajaran elektrifikasi yakni Lamborghini Sian Roadster dengan atap terbuka. Model ini dibuat lebih terbatas, yakni hanya 19 unit.

Sebagai mobil hybrid, Lamborghini Sian Roadster dibanderol US$3,7 juta atau sekitar Rp54 miliar. Meski harganya cukup tinggi, mobil tetap laris manis diboyong konsumen. Seperti dilansir Detik.com yang mengutip Motor1, stok mobil tersebut saat ini sudah habis dibeli konsumen.

Secara dimensi, Sian Roadster sebenarnya tidak banyak berbeda dengan Lamborghini Sian versi sebelumnya. Varian roadster punya panjang 4.980 mm, lebar 2.265 mm, dan tinggi 1.133 mm menggunakan sasis monokok karbon fiber sehingga memiliki bobot yang cukup ringan, meski tidak diungkap oleh Lamborghini.

Sebagai mobil hybrid, Sian Roadster mencangkok mesin V12 dan juga motor listrik 48 Volt yang membuat tenaganya makin buas. Betapa tidak, mesin V12 hasil pengembangan Lamborghini pada Sian mampu menghasilkan tenaga setara 785 daya kuda sekaligus menjadi yang terbesar sepanjang sejarah pabrikan berlogo banteng Italia tersebut. Sian Roadster juga mendapat tambahan tenaga 34 daya kuda dari sistem hybridnya. Secara total Sian punya tenaga setara 819 daya kuda.

Tenaga tersebut disalurkan melalui transmisi ISR (Independent Shifting Roads) 7 percepatan ke penggerak empat roda. Lamborghini Sián Roadster bisa berlari 0-100 km/jam dalam kurun waktu kurang dari 2,8 detik dan mencapai kecepatan maksimal lebih dari 350 km/jam.

Berbeda dengan mobil hybrid lainnya, Sian tidak menggunakan baterai. Sebagai penggantinya sistem listrik Lamborghini menggunakan supercapacitor yang diklaim bisa memiliki energi lebih besar dari baterai biasa.

Baca juga: Perhatikan Hal Ini Sebelum Ganti Rem Cakram Mobil

Supercapacitor tidak seperti baterai bisa langsung dicas dalam waktu yang lebih cepat dan bisa menarik energi seperti pada proses pengereman. Supercapacitor juga tidak gampang habis kapasitasnya seperti baterai, jadi bisa digunakan dalam jutaan kali pengisian energi.

Lamborghini Sian Roadster yang menggunakan platform Aventador SVJ ini bisa dikostumisasi sesuai dengan keinginan para pemiliknya di Lamborghini Centro Stile. Sebagai debut perdana, warna Blu Uranus sebagai perpaduan warna dari birunya langit dan hijau lapangan. Sedangkan pelek dengan kelir yang disebut Oro Electrum, sebagai warna yang dipilih Lamborghini untuk elektrifikasi.

Sumber gambar: Motor1


Kembali ke atas