Berburu Audio Mobil Bekas Agar Hemat Pengeluaran

Ditulis oleh : Redaksi momobil.id | 22 November 2018

Berburu Audio Mobil Bekas Agar Hemat Pengeluaran

Audio Mobil | Mobil Bekas

Audio mobil beragam harganya, mulai dari ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah. Namun yang paling utama pada saat membangun audio system adalah minat dan biaya. Jika kaitannya biaya, ada cara lain selain membeli baru, yakni membeli audio mobil bekas. Dalam hal ini, ada trik dan tips yang harus Anda perhatikan!

Sistem hiburan dalam mobil bisa murah, bisa mahal, juga bisa bagus bahkan bisa biasa saja. Ketika Anda membeli mobil baru atau mobil bekas sekalipun, sistem hiburan dalam mobil sudah terpasang sebagai bagian fitur standar kendaraan. Namun, Anda bisa mengubahnya dengan menaikkan standarisasinya sesuai selera.

Banyak toko-toko audio system yang menawarkan head unit, speaker, amplifier branded dalam keadaan bekas dengan harga miring. Namun kalau mau mendapatkan kondisi bekas, sebaiknya Anda hanya membeli amplifier dan speaker. Untuk head unit, sebaiknya beli yang baru.

Membeli head unit baru karena ada beberapa pertimbangan. Pertama, head unit rentan rusak dalam kondisi bekas. Kedua, harga service head unit mahal, hampir menyerupai harga barunya. Dan ketiga, head unit terus mengalami perkembangan teknologi baik penambahan fitur maupun support dengan beberapa aplikasi lainnya.

Tetapi jika mengetahui track record penggunaan head unit bekas, misalkan milik teman yang apik, sah-sah saja membelinya. Yang terpenting, masih dalam kondisi bagus dan prima.

Untuk mendapatkan speaker bekas berkondisi bagus atau tidak, pastikan cone speaker masih kencang dan sesuai posisinya. Cone speaker adalah kerucut yang ada di balik lingkaran speaker sebelum magnet. Sedangkan dari segi suara, pastikan sember atau tidak. Fisik yang masih bagus tidak menjamin speaker masih layak pakai. Ketelitian Anda sangat dibutuhkan dalam hal ini.

Hal yang sama berlaku pada amplifier atau booster atau subwoofer sebagai power speaker. Namun memeriksa ampli bekas layak pakai terbilang mudah, karena jika bermasalah tak akan berfungsi dengan baik sewaktu mengeluarkan suara ataupun boros tenaga listrik. Kondisi amplifier bekas umumnya masih berfungsi baik. Jika terjadi kerusakan, tidak semahal memperbaiki head unit.

Begitu pula dengan TV. Meski merek generik banyak beredar dengan harga kompetitif dan terjangkau, penggunaan TV bermerek di dalam mobil merupakan gengsi tersendiri. Untuk mendapatkan dalam kondisi bekas, sama kehati-hatiannya seperti membeli head unit. Jika perlu, gunakan yang baru daripada bekas.

Agar tidak salah pilih saat membeli audio bekas, pastikan Anda tidak tergiur harga murah dan paham harga penyusutannya. Mengajak teman yang ahli audio untuk membantu memilih, juga bisa menjadi alternatif agar terhindar membeli audio bekas yang tak layak pakai.

Oleh: Redaksi Momobil.id

Foto: iStock

mobil terkait

Rp 132.000.000

Individu

DENPASAR

Rp 125.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 145.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 129.000.000

Individu

PONTIANAK

Rp 145.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 405.000.000

Individu

PALEMBANG


Kembali ke atas