Beredar Rumor Maruti Suzuki Bakal Rakit Jimny di India

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 25 December 2020

Beredar Rumor Maruti Suzuki Bakal Rakit Jimny di India

momobil.id – Suzuki Jimny merupakan model yang cukup langka karena hanya diproduksi di Jepang. Namun kini Maruti Suzuki dikabarkan mulai merakit Jimny secara lokal di fasilitas produksinya di Gurugram, India.

Kabar terkait perakitan Suzuki Jimny di India semakin kencang setelah baru-baru ini Maruti Suzuki telah merakit 50 unit Jimny tiga pintu di fasilitas pabrik mereka di Gurugram. Seperti dilansir Detik.com yang mengutip Indianautosblog, Jimny dirakit secara CKD, dengan komponen yang diimpor dari Jepang.

India akan menjadi pusat manufaktur Jimny tiga pintu untuk menyuplai kebutuhan pasar ekspor. Sedang untuk pasar domestik India, Suzuki Jimny bakal hadir dalam versi lima pintu sesuai permintaan pasar. Suzuki Jimny versi India memiliki konstruksi body-on-frame yang mirip dengan Gypsy dan Mahindra Thar. Mobil unik ini didukung mesin bensin K15B yang sama seperti di Vitara Brezza dan Ciaz . Namun di Jimny, mesin 1,5 L bertenaga 105 dk itu akan dipasang secara longitudinal, agar bisa mengadopsi sistem penggerak 4×4.

Kabar menyebutkan jika Suzuki Jimny akan diproduksi secara masal di India, di fasilitas pabrik Hansalpur, di Negara Bagian Gujarat. Jimny versi tiga pintu maupun versi lima pintu akan dibuat di pabrik tersebut.

Baca juga: Sebagai Mobil Off Road Ringan, Segini Top Speed Suzuki Jimny

Pertama-tama, Maruti Suzuki akan fokus memproduksi Jimny tiga pintu untuk pasar ekspor. Sementara pabrik Suzuki di Kosai, Jepang, juga akan terus memproduksi Jimny tiga pintu secara eksklusif. Selanjutnya, Maruti Suzuki akan membuat Jimny versi lima pintu untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri. Jika jadi diluncurkan, model ini akan berkompetisi dengan model lokal, Mahindra Thar.

Adapun di Indonesia, Suzuki Jimny juga termasuk model langka. Hal ini juga yang membuat harganya kian meningkat.

Pada awal peluncurannya di ajang GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019, harga Suzuki Jimny dibanderol mulai dari Rp315,5 juta hingga Rp330 juta. Namun seiring berjalannya waktu dan membludaknya permintaan, harga mobil SUV ini sudah merangkak naik.

Pada Desember 2020 ini misalnya, harga resmi Suzuki Jimny yang dipasarkan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) sudah menyentuh angka Rp382,5 juta untuk varian terendah. Sedangkan varian tertingginya kini berbanderol Rp398 juta.


Kembali ke atas