Beredar Wujud Kia Carnival Terbaru, Dimensi Lebih Bongsor

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 1 July 2020

Beredar Wujud Kia Carnival Terbaru, Dimensi Lebih Bongsor

momobil.id – Guna bersaing dengan kompetitor asal Jepang, Kia sampai merekrut desainer yang pernah bekerja di pabrik mobil di Eropa. Salah satu hasil dari upaya ini adalah lahirnya generasi terbaru Kia Carnival yang masuk dalam segmen multi purpose vehicle (MPV).

Jika melihat bentuknya, maka Kia Carnival terbaru biasanya akan dibanding-bandingkan dengan Toyota Kijang Innova. Hal ini tidak mengherankan, karena keduanya masuk dalam kelas yang tidak jauh berbeda. Namun, pada edisi baru Kia menggunakan desain yang lebih modern. Seperti dilansir Viva yang mengutip Indianautosblog, wujud Carnival generasi keempat sudah disebar oleh Kia di dunia maya. Namun gambar tersebut adalah hasil pemotretan di studio, bukan unit yang sedang melintas di jalan raya.

Tak lama setelah itu, wujud asli Carnival edisi baru tertangkap sedang mengisi bensin di Korea Selatan, negara yang menjadi markas Kia. Tampilannya tidak jauh berbeda dari gambar resmi, tapi dimensinya kini bisa dikira-kira karena disandingkan dengan benda lain yang ada di sekitar SPBU.

Bodi Kia Carnival baru lebih bongsor dari versi lama. Panjangnya 5.155 milimeter, lebar 1.995 mm dan tinggi 1.740 mm. Mobil ini memiliki jarak sumbu roda 3.090 mm. Dimensinya lebih besar dari Innova, bahkan sedikit melebihi Toyota Alphard yang menjadi MPV mewah asal Jepang.

Tampilan depan mobil ini sedikit bernuansa sporty ala sport utility vehicle. Ini terlihat dari grille Tiger Nose yang jadi ciri khas mereka selama ini, penyematan lampu utama berukuran kecil dan daytime running light besar. Desain pintu geser yang ada sejak edisi pertama, tetap dipertahankan.

Sayangnya, belum ada informasi lebih detail mengenai desain kabin dan fitur di dalam kabin, serta waktu peluncurannya. Meski demikian, beredar informasi kalau Kia menyiapkan versi mewah yang hanya bisa menampung empat penumpang.

Baca juga: Rekomendasi Mobil Bekas yang Harganya Tak Sampai Rp80 Juta

Adapun seperti dilansir Tempo, untuk bagian interior Kia Carnival menggunakan tata letak dasboard dari model baru dengan housing unibody untuk layar infotainment dan konsol instrumen seperti pada mobil Kia terbaru. Setirnya juga baru dengan desain yang unik. Dasbor Carnival sedikit agak kurang kekinian ketika produsen lain berupaya mengurangi tombol, pada mobil Korea ini justru banyak. Pada ventilasi AC kini memiliki desain sangat ramping.

Konsol tengah pada Carnival lama tidak banyak tombol. Namun, pada model baru ini berbagai sakelar untuk mengontrol berbagai fungsi seperti sistem penahanan otomatis, rem parkir elektronik, kamera dan sensor parkir mundur, mode berkendara, dan kontrol untuk fungsi pemanas dan pendinginan kursi depan. Di dashboard di sekitar setir kemudi, KCarnival 2021 juga menyematkan tombol untuk membuka atau menutup bagasi otomatis dan pintu belakang. Juga ada tombol untuk kontrol traksi dan kontrol jelajah adaptif.

Carnival 2021 mendapatkan desain baru untuk bantalan pintu sehingga serasi dengan keseluruhan desain dashboard. Panel pintu mendapatkan sisipan kulit multi-warna dengan sisipan warna piano hitam untuk pegangan pintu. Semua elemen ini membuat model ini terlihat lebih premium. Menariknya, sisipan kulit di sekitar pegangan pintu juga mendapatkan desain seperti slat.


Kembali ke atas