Berhemat BBM dengan Mengetahui Cara Mengemudi Mobil yang Benar

Tips Mobil | Mobil Bekas

Meski perbandingan formulasi BBM terdapat dalam tabel spesifikasi, hal tersebut bukan hanya jadi tolak ukur konsumsi BBM mobil Anda. Tapi BBM dapat boros atau irit sesuai perbandingan tabel, ditentukan juga oleh cara mengemudi mobil. Lalu apa saja yang patut diperhatikan saat mengemudi mobil? Berikut beberapa langkah yang harus diperhatikan agar bisa menghemat konsumsi bahan bakar mobil Anda:

Memastikan kondisi mesin prima

Kondisi mesin yang prima berarti tetap menjaga mesin standar bekerja sesuai dengan prosedur pabrikan. Jika terjadi pengubahan mesin atau ada masalah teknis yang mempengaruhi mesin, konsumsi bahan bakar normal akan terganggu.

Menjaga putaran mesin

Perpindahan gigi dengan ditandai kecepatan maksimal lalu mengoper gigi justru akan memboroskan bahan bakar. Mengoper gigi yang ideal ada di kisaran RPM 1.500-2.200 untuk mesin bensin, dan RPM 1.100-2.000 untuk mesin diesel. Mengoper cepat adalah cara lain berhemat BBM.

Menghindari akselerasi dan pengereman berlebihan

Jangan sering mengerem atau mempertahankan kecepatan dengan menggunakan rem. Coba cara menggunakan momentum mesin untuk berhenti tanpa pengereman. Cara ini terbilang sulit jika kurang mahir tetapi efektif untuk menghemat BBM. Misalkan dari jarak jauh mobil di depan menyala lampu remnya, maka segera lepas pedal pelan-pelan hingga habis agar pengereman dilakukan otomatis oleh mesin.

Rajin menggunakan engine break

Sama halnya dengan teknik akselerasi dan pengereman berlebihan, cara pengereman ini mengacu pada berkurangnya tenaga mesin tanpa harus mengeremnya. Caranya lepas pedal gas, mainkan pedal kopling sambil menurunkan gigi secara teratur.  Cara ini memungkinkan jika jarak aman terpenuhi.

Selalu sesuaikan tekanan angin ban

Ban yang kurang angin akan lebih berat berputar karena tekanan beban kendaraan. Jika berat, maka tenaga mesin akan bereaksi maksimal di luar reaksi standar. Ini yang berdampak pada konsumsi BBM meningkat. Selalu sesuaikan tekanan angin ban agar menggelinding normal.

Menggunakan BBM berkualitas

Ada yang bilang semakin mahal BBM yang dipergunakan maka semakin irit. Itu memungkinkan, karena semakin tinggi oktan maka semakin bersih pembakarannya hingga tuntas. Selain mesin bersih tanpa kotoran, konsumsi BBM pun maksimal.

Ada hal lainnya yang mempengaruhi konsumsi BBM yakni terkait dengan beban muatan berlebih, mesin AC terus menyala, pengendalian gigi transmisi yang ideal, dan masih banyak lagi. Yang terpenting dalam hal ini adalah cara memperlakukan mobil saat mengendarai harus sebaik dan seaman mungkin. Pelajari cara-cara di atas sebagai solusi menghemat BBM. Selamat mencoba!

Oleh: Redaksi Momobil.id

Foto: iStock

Berita Terbaru

  • Kelalaian Pengguna Mobil Penyebab Kerusakan Fatal Mobil Bekas
    • 16 Nov 2018
  • Ternyata jika Sering Mengisi BBM Full Tank Berpengaruh terhadap Mesin Mobil
    • 16 Nov 2018
  • Mengenal Bahan Kaca Film Sebagai Variasi Kaca Mobil
    • 15 Nov 2018
  • Memilih Ragam Variasi Kaca Mobil Yang Tepat
    • 15 Nov 2018
  • Awas, Usia Pemakaian Mempengaruhi Kondisi Mobil Bekas!
    • 14 Nov 2018