Berikut Daftar Peralatan Darurat yang Wajib Dibawa di Mobil

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 8 June 2020

Berikut Daftar Peralatan Darurat yang Wajib Dibawa di Mobil

momobil.id – Sebagian besar masyarakat Indonesia menggunakan kendaraan roda empat sebagai alat transportasi sehari-hari. Namun, ada satu hal yang belum diperhatikan oleh para pengemudi, yaitu peralatan untuk keadaan darurat (emergency kit). Peralatan darurat ini wajib dibawa bagi para pengemudi, apabila dalam kondisi mendesak dan darurat. Ada peraturan dalam undang-undang yang mewajibkan untuk membawa peralatan darurat ini. Jika pengemudi tidak membawa peralatan ini, maka bisa terkena sanksi.

Peraturan dan Barang yang Harus Dibawa di Mobil

Peraturan mengenai peralatan darurat yang wajib dibawa di mobil tercantum dalam Undang-Undang Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (UU LLAJ) pasal 57 ayat 3. Dalam peraturan tersebut, tercantum bahwa kendaraan bermotor harus membawa :

  • Sabuk keselamatan
  • Segitiga pengaman
  • Pembuka roda
  • Ban cadangan
  • Dongkrak
  • Peralatan pertolongan pertama kecelakaan lalu lintas
  • Helm dan rompi pemantul cahaya bagi pengemudi kendaraan bermotor roda empat atau lebih

Sanksi Bagi Pelanggar

Ada sanksi khusus bagi pelanggar yang melanggar aturan tersebut. Hal ini tercantum dalam Undang-Undang Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (UU LLAJ) pasal 278. Dalam pasal tersebut, dijelaskan bahwa setiap orang yang mengemudi kendaraan roda empat atau lebih yang tidak dilengkapi dengan barang-barang yang telah disebutkan diatas akan dipidana kurrungan paling lama satu bulan atau denda Rp 250 ribu.

Baca Juga : Perawatan Rem Tangan untuk Penggunaan Sehari-hari

Barang Lain yang Harus Dibawa

Selain peralatan wajib sesuai undang-undang, ada beberapa peralatan lain yang harus dibawa di dalam mobil. Salah satu alat yang harus dibawa adalah alat pemecah kaca. Komponen ini wajib dibawa apabila terjadi hal yang tidak diinginkan, pengemudi dapat memecahkan kaca mobil. Namun, penyimpanan alat pemecah kaca ini perlu diperhatikan, jika tidak bisa melukai penumpang kabin. Selain itu, pengemudi perlu membawa Alat Pemadam Api Ringan (APAR) saat bepergian untuk mengantisipasi korslet yang bisa menyebabkan mobil terbakar. Untuk membela diri saat ada ancaman dari orang lain, pengemudi juga disarankan untuk membawa alat kejut listrik dan pepper spray, terutama jika pengemudi adalah wanita.


Kembali ke atas