Berpotensi Korsleting, Hyundai Lakukan Recall Mobil Listrik Kona

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 13 October 2020

Berpotensi Korsleting, Hyundai Lakukan Recall Mobil Listrik Kona

momobil.id – Lantaran berpotensi mengalami korsleting, Hyundai Motor akan melakukan recall pada mobil listrik Kona. Recall ini akan dilakukan mulai 16 Oktober 2020 yang mencakup pembaruan perangkat lunak dan penggantian baterai.

Seperti dilansir Detik.com yang mengutip Reuters, Hyundai melakukan recall pada mobil listrik Kona karena berpotensi mengalami hubungan pendek arus listrik karena kesalahan produksi sel baterai bertegangan tinggi. Akibatnya, mobil berisiko kebakaran. Kementerian Transportasi Korea melaporkan masalah tersebut.

Recall ini melibatkan 25.564 unit mobil listrik Kona yang diproduksi September 2017 sampai Maret 2020. “Recall ini adalah tanggapan proaktif terhadap dugaan kerusakan baterai bertegangan tinggi pada (mobil) produksi (massal), yang mungkin berkontribusi pada kebakaran yang dilaporkan,” kata Hyundai.

Sekitar 13 insiden kebakaran melibatkan Kona Elektrik. Mobil listrik Hyundai Kona di Kanada dan Austria juga dilaporkan mengalami kebakaran. Mobil listrik Hyundai Kona menggunakan baterai dari LG Chem Ltd. LG Chem mengatakan penyebab pasti dari kebakaran tersebut belum diketahui. Percobaan pemeragaan yang dilakukan bersama dengan Hyundai tidak menyebabkan kebakaran, sehingga kebakaran tidak dapat dikaitkan dengan sel baterai yang rusak.

Baca juga: Melihat Spesifikasi dan Ubahan Toyota Fortuner Facelift

Adapun sebelumnya Hyundai juga dikabarkan tengah mempersiapkan Kona edisi terbatas yang diberi nama Night Edition. Hyundai Kona Night Edition menggunakan mesin 1.6 liter 4-silinder yang disokong turbocharged dan mampu menghasilkan tenaga tertinggi 177 PS di putaran 5.500 rpm dan torsi 264 Nm mulai dari 1.500 hingga 4.500 rpm. Seluruh daya dorong disalurkan ke roda melalui DCT (Dual Clutch Transmission) 7-speed sehingga perpindahan gigi lebih responsif dan mulus.

Sumber gambar: Shutterstock


Kembali ke atas