Mau Bersihkan Sendiri Karburator Mobil Tapi Cuma Bisa Bongkar? Begini Cara Memasangnya

Ditulis oleh : Syah Rezi Tungga Dewi | 19 August 2019

Mau Bersihkan Sendiri Karburator Mobil Tapi Cuma Bisa Bongkar? Begini Cara Memasangnya

momobil.id – Karburator merupakan bagian penting pada sebuah kendaraan guna menyuplai bahan bakar sesuai kebutuhan mesin sehingga mampu menghasilkan tenaga. Prinsip ini juga berlaku pada mesin mobil yang masih menggunakan karburator. Ketika karburator rusak, maka akan mempengaruhi fungsi bagian lainnya. Karena itu, membersihkan karburator mobil merupakan kegiatan yang wajib dilakukan agar performa kendaraan tetap maksimal.

Sayangnya, tidak semua orang memiliki waktu untuk pergi ke bengkel guna memeriksa kondisi karburator mobilnya. Namun jika kamu termasuk pemilik kendaraan yang tak memiliki banyak waktu untuk melakukan hal ini, sebenarnya kamu bisa memeriksa sendiri kondisi karburator dengan membuka sendiri semua komponennya. Pemeriksaan ini juga termasuk tahapan membersihkan karburator mobil. Berikut tahapan yang bisa kamu ikuti agar tidak salah ketika membongkar pasang karburator mobil.

Buka semua komponen yang terhubung dengan karburator

Pertama, selalu ingat untuk memastikan kabel-kabel kutub negatif dari aki telah terbuka. Kemudian buka saringan udara dan rumahnya. Saat membuka filter udara, perhatikan posisinya. Jika kamu termasuk orang yang mudah lupa, kamu bisa mengambil gambar terlebih dahulu agar terlihat jelas tata letak komponen pada mesin mobil.

Setelah itu, buka selang bahan bakar dan selang lainnya yang terhubung ke karburator. Jangan lupa juga membuka kabel gas dan semua jenis kabel yang terhubung. Lakukan langkah ini dengan hati-hati.

Membuka karburator dan semua komponennya

Langkah selanjutnya adalah membuka baut pemasangan karburator atau yang disebut mur. Kemudian angkat karburator dari manifold. Setelah itu, lepaskan bagian karburator yang akan dibersihkan. Sebelum melakukan langkah ini, kamu harus mengingat posisinya. Agar tidak salah saat memasang kembali, sebaiknya kamu memotretnya terlebih dulu. Hal lain yang perlu diingat, sebaiknya tidak membuka spuyer dan pilot jet untuk menghindari potensi terbalik saat proses pemasangan.

Bersihkan semua komponen karburator

Setelah semua bagian karburator dilepas, bersihkan dengan sikat dan karburator cleaner. Tujuannya agar kotoran yang terkandung dalam karburator hilang dan terangkat. Selain itu, semprot juga semua lubang di sudut karburator menggunakan kompresor angin. Lakukan dengan hati-hati dan jangan terlalu keras.

Pasang kembali seluruh komponen karburator

Setelah semua sudut karburator bersih, kamua dapat memasang kembali semua komponen karburator. Saat memasang karburator ke mesin, bisa ditambahkan sedikit lem untuk mencegah kebocoran. Jangan lupa pasang semua selang, komponen lain, dan pasang kabel baterai negatif.

Setelah semuanya terpasang, nyalakan mesin dan sesuaikan angin karburator. Langkah terakhir adalah memasang ulang filter udara dan rumahnya.

Baca Juga: Perbandingan keawetan angin ban jika diisi oksigen dan nitrogen

Adapun sebelum membongkar karburator, identifikasi dulu masalah yang terjadi pada karburator. Selain itu, pastikan juga jenis karburator yang digunakan. Jika karburator mobil kamu tipe sederhana, metode di atas dapat digunakan. Namun jika ada banyak selang hisap dan kamu tidak berani memperbaikinya sendiri, lebih baik bawa ke bengkel resmi atau bengkel kepercayaan kamu.

Sumber gambar: IST


Kembali ke atas