Begini Cara Membersihkan Noda pada Interior Mobil Secara Alami

Interior Mobil | Tips & Trick

Bagian interior yang bersih dan harum bisa menambah kenyamanan Anda saat mengendarai mobil. Namun untuk menjaga interior mobil tetap bersih dan segar membutuhkan usaha yang tidak mudah. Anda harus selalu memastikan kondisi di dalam mobil bersih. Jika dibiarkan, kotoran yang tersisa bisa meninggalkan jejak noda pada permukaannya. Dan Anda harus bekerja ekstra keras untuk membersihkan noda tersebut.

Praktisnya dengan menggunakan pembersih khusus, namun ada biaya yang harus dikeluarkan. Tapi ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan jejak noda pada permukaan interior mobil. Yaitu menggunakan bahan-bahan yang mungkin ada di dalam rumah Anda.

Sebelumnya, Anda harus membersihkan semua permukaan keras dengan lap basah. Hal ini berguna untuk menghilangkan semua kotoran yang mungkin akan menyebarkan kotoran ke bagian lain. Selain itu bersihkan semua sampah atau debu yang mungkin tertinggal, seperti makanan ringan atau apapun. Periksa semua kompartemen yang ada di dalam jangan sampai ada yang tertinggal. Selanjutnya tinggal menghilangkan jejak noda pada permukaan interior mobil menggunakan bahan-bahan berikut ini :

  1. Menggunakan pasta gigi untuk menghilangkan noda pada permukaan jok kulit atau komponen lain berbahan vinyl. Caranya dengan menggosok secara lembut pada area yang terkena noda. Disarankan Anda mencobanya terlebih dahulu pada area yang kecil, karena ada kemungkinan dapat mempengaruhi warna pada permukaan kulit.
  2. Untuk menghilangkan noda di permukaan keras seperti dasbor, Anda bisa mencoba memakai alkohol. Tapi harus diingat, semakin banyak alkohol yang digunakan semakin besar kemungkinan akan memutihkan warna permukaan apa pun. Jadi sebaiknya, campur alkohol dengan air dalam komposisi yang sama. Lalu semprotkan pada permukaan keras dan bersihkan dengan kain halus.
  3. Menggunakan bubuk soda kue untuk membersihkan noda minyak. Caranya dengan menaburkan bubuk soda kue di permukaan yang terkena noda dan gosok dengan kain basah. Setelah beberapa jam bersihkan sisa bubuk dengan kain basah dan keringkan.
  4. Campuran lemon segar dengan minyak zaitun bisa menjadi solusi untuk membuat bagian interior mobil Anda tetap terlihat indah. Karena campuran ini bisa diterapkan pada semua material, termasuk dasbor, permukaan plastik, dan permukaan vinyl. Cara penggunaannya dengan membubuhkan sedikit campuran tersebut pada kain, lalu usap pada permukaan. Yang harus diperhatikan adalah jangan menggunakan solusi ini untuk pedal, tuas, atau pun rem, karena akan membuat permukaannya jadi licin. Resiko akan membuat Anda lebih sering tergelincir saat digunakan.

Setelah semua noda dapat dihilangkan, Anda bisa menjaga kesegaran interior mobil dengan cara alami. Yaitu dengan menaburkan sedikit baking soda di asbak mobil. Cara ini ampuh untuk menyerap bau, sehingga mobil akan terasa tetap segar.

Penulis : Malika Nur Abdillah

Image : IST

Berita Terbaru

  • Harga Rp344 Juta, Ini Penambahan Aksesori di New HR-V Edisi Spesial MUGEN
    • 22 Jul 2019
  • Bangku Lebih Fleksibel, Kapasitas Bagasi Volkswagen Tiguan Allspace Bisa Mencapai 1.775 Liter
    • 19 Jul 2019
  • Wuling Almaz Hadir dalam Empat Varian, Simak Daftar Perbedaan Fiturnya
    • 19 Jul 2019
  • Honda Luncurkan All New Accord Berbekal Teknologi SENSING, Apa Fungsinya?
    • 18 Jul 2019
  • Keren, Booth Toyota GIIAS 2019 “Start Your Imposible”
    • 18 Jul 2019