Biar Aman, Kenali Arti Isyarat Lampu Sein pada Bus AKAP

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 28 August 2023

Biar Aman, Kenali Arti Isyarat Lampu Sein pada Bus AKAP

momobil.id – Lampu sein digunakan sebagai alat komunikasi sesama pengemudi ketika ingin berbelok atau berpindah lajur. Meskipun sama-sama digunakan sebagai alat komunikasi antar pengemudi di jalanan, bus antar kota yang beroperasi malam hari memiliki isyarat atau kode khusus ketika menggunakan lampu sein.

Lampu sein pada bus tidak hanya digunakan untuk menunjukan kendaraan berbelok atau berpindah lajur, namun sebagai kode. Kode tersebut digunakan ketika bus beriringan untuk memberikan informasi kepada kendaraan yang berada di belakangnya.

Kode Lampu Sein Bus di Jawa Timur

Ada sejumlah kode dan isyarat yang diberikan oleh pengemudi bus ketika melakukan konvoi di jalan raya. Berikut ini adalah ulasannya.

1. Lampu Sein Sebelah Kanan Menyala

Ketika bus menyalakan lampu sein kanan dan tidak ada tikungan pada area tersebut, maka bus memberikan isyarat bahwa lajur kanan aman tidak ada kendaraan atau objek lain. Pengemudi dapat mendahului bus dari lajur kanan.

Untuk jalan dua arah, ketika bus menyalip dari kanan dan menyalakan sein kanan secara terus menerus, maka tidak ada kendaraan atau objek dari arah berlawanan.

2. Lampu Sein Sebelah Kiri Menyala

Bus yang menyalakan lampu sein sebelah kiri ketika tidak ada tikungan, maka hal tersebut mengisyaratkan ada kendaraan dari arah berlawanan, sehingga tidak disarankan untuk mendahului bus. Apabila menemukan isyarat demikian, maka sebaiknya pengemudi tetap berada di lajur sebelah kiri dan tidak mendahului.

Ketika berada di jalan dua arah, biasanya bus menyalip dari kanan dan langsung menyalakan sein kiri cepat-cepat. Maka hal tersebut memiliki arti bahwa ada kendaraan dari arah berlawanan. Ketika terjadi demikian, maka kendaraan di belakang jangan mengikuti jalur bus.

Baca Juga: Kenali Penggunaan Lampu Sein Sesuai Aturan dan Etika

Kode Lampu Sein Bus di Daerah Sumatera

Isyarat lampu sein di Sumatera berbeda dengan daerah Jawa, Madura, dan Bali, meskipun sama-sama memberitahu kondisi lalu lintas. Berikut ini merupakan ulasannya berdasarkan unggahan Instagram @puteramulya_sejahtera_official yang merupakan salah satu perusahaan otobus di Indonesia.

1. Lampu Sein Sebelah Kanan Menyala

Bus yang menyalakan lampu sein sebelah kanan memberi isyarat bahwa ada kendaraan dari arah berlawanan dan pengemudi tidak disarankan untuk mendahului bus. Jika demikian, pengemudi harus tetap berada di lajurnya, atau mendahului dari lajur kiri dengan pemberitahuan lebih awal.

2. Lampu Sein Sebelah Kiri Menyala

Apabila ada bus yang menyalakan lampu sein sebelah kiri, maka menandakan tidak ada kendaraan dari arah berlawanan. Pengemudi dapat mendahului bus dari lajur sebelah kanan. Meskipun demikian, pastikan bahwa pengemudi mengamati kondisi lalu lintas sebelum mendahului.

mobil terkait

Rp 158.000.000

Individu

BANYUASIN

Rp 175.000.000

Individu

MAGELANG

Rp 285.000.000

Individu

MAGELANG

Rp 370.000.000

Individu

MAGELANG

Rp 165.000.000

Individu

SIDOARJO

Rp 145.000.000

Individu

SIDOARJO


Kembali ke atas