Biar Gak Bingung, Ini Cara Cek Posisi Tutup Tangki BBM

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 16 April 2022

Biar Gak Bingung, Ini Cara Cek Posisi Tutup Tangki BBM

momobil.id – Ketika hendak mengisi bahan bakar, salah satu hal yang harus dilakukan adalah membuka tutup tangki BBM kendaraan. Tidak sedikit pengemudi, khususnya pemula masih kebingungan mencari posisi tutup tangki BBM. Sebab, letak tutup tangki BBM di setiap mobil berbeda-beda. Sebagian ada yang terletak di sebelah kanan, dan sebagian ada yang terletak disebelah kiri.

Kebingungan seringkali dialami oleh pengemudi pemula, atau pengemudi yang mengendarai mobil pinjaman. Meskipun demikian, melihat posisi tutup tangki BBM mobil tergolong mudah. Pengemudi tidak perlu bingung mencari letak tutup tangki saat hendak mengisi BBM di SPBU. Bahkan pengemudi tidak perlu turun dari mobil untuk mencari letak tutup tangki BBM. Pada bagian panel metercluster, terdapat lampu indikator yang memberi tahu letak tutup tangki BBM.

Baca Juga: Tips Mengisi BBM: Tak Perlu Menggoyangkan Mobil

Dalam panel indikator, terdapat gambar berbentuk dispenser disertai dengan panah segitiga yang menunjuk ke arah kanan atau ke arah kiri. Lambang yang tertera pada panel indikator tersebut merupakan penanda dari letak tutup tangki BBM pada mobil tersebut. Hanya dengan melihat lewat indikator, pengemudi tidak perlu turun untuk memastikan letak dari tutup tangki BBM saat hendak mengisi bahan bakar.

Untuk membuka tutup tangki BBM, pengemudi tentu harus menarik tuas pembuka tutup tangki terlebih dahulu. Namun, letak dari tuas tersebut berbeda-beda pada setiap kendaraan. Biasanya, letak tuas pembuka tangki terdapat pada bagian kanan bawah kursi. Namun, pada mobil sedan dan MPV, posisi tuas sebagian besar terletak di sebelah handle pembuka kap mesin. Meskipun demikian, sebagian kendaraan tidak memiliki tuas pembuka tutup tangki BBM. Kendaraan yang tidak menggunakan tuas memiliki mekanisme yang ada pada tutup bensin. Biasanya mekanisme ini dapat ditemukan pada mobil premium.

mobil terkait

Rp 269.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 342.000.000

Individu

BEKASI

Rp 192.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 287.000.000

Individu

BEKASI

Rp 355.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 186.000.000

Individu

BEKASI


Kembali ke atas