Biar Gak Rugi, Ini Tips Membeli Mobil Bekas di Balai Lelang

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 29 November 2023

Biar Gak Rugi, Ini Tips Membeli Mobil Bekas di Balai Lelang

momobil.id – Salah satu alternatif membeli mobil bekas adalah lewat balai lelang. Balai lelang mobil bekas merupakan tempat di mana ditawarkan berbagai jenis mobil bekas dengan beragam kondisi. Meskipun harga mobil di balai lelang tergolong lebih murah, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika hendak meminangnya. Simak terlebih dahulu tips membeli mobil bekas di balai lelang agar tidak rugi.

Tips Membeli Mobil di Balai Lelang

Berikut ini merupakan beberapa tips yang bisa dilakukan saat membeli mobil bekas di balai lelang.

1. Riset Terlebih Dahulu Profil Balai Lelang

Tips utama dalam membeli mobil lelang adalah dengan mengetahui profil dari balai lelang. Pilihlah tempat balai lelang yang terpercaya. Jika bingung, maka tanyakan rekomendasi dari kolega yang pernah membeli mobil di sejumlah tempat lelang.

Hal ini wajib diperhatikan karena ada beberapa balai lelang yang kurang profesional dalam menjalankan usahanya. Masalah yang biasa ditemui adalah uang deposit yang tidak kunjung ditransfer, hingga mobil dengan berkas yang bermasalah. Dengan mengecek profil balai lelang dan mendapatkan rekomendasi dari kolega, calon pembeli tentunya dapat terhindar dari masalah tersebut.

2. Memilih Mobil Incaran

Sebelum melakukan proses lelang mobil, calon pembeli perlu mengetahui jenis dan tipe mobil yang diincar. Pilihlah jenis mobil sesuai dengan kebutuhan. Misalnya, jika ingin mencari mobil untuk keluarga, maka pilihlah mobil dengan kapasitas kabin yang besar seperti SUV 7-seater dan MPV.

Sebelum melakukan lelang, umumnya tempat pelelangan mewajibkan peserta untuk membayar uang deposit. Lalu, pelelang akan memberikan daftar mobil yang akan dilelang. Calon pembeli bisa mencari mobil incaran yang akan dibeli dalam daftar tersebut.

3. Cek Kondisi dan Kelengkapan Dokumen Mobil

Pada umumnya, balai lelang mengadakan sesi open house sebelum proses pelelangan. Seluruh peserta lelang akan diperlihatkan unit mobil yang dijual dalam sesi ini. Oleh karena itu, hal ini dijadikan waktu yang tepat untuk mengecek kondisi mobil yang akan dibeli.

Saat mengecek kondisi mobil, pastikan bahwa eksterior dan interior mobil mulus dan belum pernah dimodifikasi atau terkena kecelakaan sebelumnya. Selain itu, cek juga bagian mesin mobil dan pastikan mesin berjalan dengan baik. Jika kurang memahami mobil, ada baiknya untuk membawa teman yang paham atau mekanik kepercayaan.

Selain mengecek kondisi mobil, pastikan dokumen seperti STNK dan BPKB lengkap dan asli. Jika unit merupakan mobil bekas perusahaan, pastikan terdapat dokumen surat pelepasan aset dari perusahaan tersebut.

4. Periksa Harga Pasaran Tipe Mobil yang Hendak Dibeli

Setelah menentukan mobil yang diincar, ada baiknya untuk memeriksa harga pasaran mobil yang hendak dibeli. Pengecekan bisa dilakukan di website jual beli mobil bekas atau dealer mobil bekas. Hal ini bertujuan agar calon pembeli mengetahui harga patokan ketika proses lelang berlangsung.

5. Penting untuk Mengetahui Jadwal Open House dan Proses Lelang

Sebelum membeli mobil lelang, penting untuk mengetahui jadwal open house dan jadwal proses lelang. Catat dan pastikan jadwal lelang yang diselenggarakan. Selain itu, calon pembeli perlu memperhatikan waktu tertentu untuk berburu mobil lelang. Biasanya, lelang akan diselenggarakan dua atau tiga bulan setelah Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran.

6. Jangan Terbawa Emosi saat Proses Lelang

Pada umumnya, situasi menjadi kurang kondusif ketika proses lelang berlangsung. Tentu banyak peminat mobil bekas yang saling berebut untuk mendapatkan mobil incarannya. Menanggapi hal ini, sebaiknya calon pembeli harus tetap tenang dan tidak terbawa emosi ketika proses lelang. Perhatikan penawaran yang diajukan oleh peminat lainnya. Selain itu, sering terjadi beberapa peserta bekerja sama menghancurkan harga dari mobil tersebut. Apabila harga mobil lelang sudah berada di atas patokan harga, maka ada baiknya untuk direlakan.

Baca Juga: 7 Cara Mengetahui Harga Pasaran Mobil Bekas

7. Jika Menang Lelang, Segera Membawa Mobil ke Bengkel

Ketika calon pembeli menang lelang, ada baiknya untuk membawa mobil tersebut ke bengkel resmi atau langganan untuk dicek kondisinya. Meskipun kondisi mobil terlihat baik, namun tentunya akan ada masalah pada beberapa komponen, mengingat mobil dalam kondisi bekas. Lakukan pemeriksaan yang mendalam agar mobil terhindar dari kerusakan yang lebih besar.

8. Melunasi Pembayaran Mobil Lelang Tepat Waktu

Setelah mendapatkan mobil incaran, bayarlah uang pelunasan dengan tepat waktu ke pihak balai lelang. Apabila pembayaran telat, bisa jadi calon pembeli dianggap batal membeli mobil atau uang deposit akan hangus.

Kelebihan dan Kekurangan Membeli Mobil di Balai Lelang

Membeli mobil bekas secara lelang tentu memiliki keutungan sebagai berikut:

  • Harga yang didapatkan bisa lebih murah dibanding showroom mobil bekas.
  • Pilihan mobil lelang lebih beragam.
  • Surat dan berkas kendaraan lelang pada umumnya lengkap.
  • Ada kemungkinan mendapatkan kendaraan dengan kondisi bagus.

Meskipun ada kelebihannya, membeli mobil bekas dengan cara lelang juga memiliki kekurangan sebagai berikut.

  • Calon pembeli tidak bisa melakukan test drive.
  • Perlu membayar deposit.
  • Kondisi mobil lelang apa adanya, pihak lelang tidak melakukan perbaikan minor pada mobil tersebut.
  • Keterbatasan waktu untuk pemeriksaan kondisi mobil.
  • Persaingan harga cukup ketat, sehingga membuat beberapa pembeli kehilangan kesempatan mendapatkan harga yang pas.
  • Prosedur pembayaran yang cepat dan perlu membayar sejumlah besar uang tunai dalam waktu singkat.

mobil terkait

Rp 149.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 357.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 189.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 223.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 188.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 112.000.000

Individu

JEMBER


Kembali ke atas