Biar Tidak Salah Beli, Ketahui Cara Membaca Kode Aki Mobil

Ditulis oleh : admin | 22 June 2022

Biar Tidak Salah Beli, Ketahui Cara Membaca Kode Aki Mobil

momobil.id – Aki memiliki peran penting pada kelistrikan mobil. Oleh karena itu, perawatan terhadap aki sangat dibutuhkan. Ketika aki sudah mengalami kekurangan daya, pemilik mobil tentu perlu melakukan penggantian. Penggantian aki tidak bisa dilakukan sembarangan, dan harus sesuai dengan spesifikasi dari kendaraan. Selain jenis aki, kode pada aki juga harus diperhatikan saat hendak melakukan penggantian. Berikut ini adalah cara membaca kode aki mobil agar tidak salah beli.

Kode pada aki mobil ditulis berdasarkan dua standar, yakni Japan Industrial Standard (JIS) dan Deutches Institut für Normung (DIN). Aki dengan standar JIS lebih banyak beredar ketimbang DIN karena tingginya permintaan pasar terhadap kendaraan Jepang. Perbedaan standar dari kedua aki tersebut terletak pada kepala aki. Kepala aki pada tipe DIN lebih tenggelam, sementara kepalai aki pada tipe JIS lebih tinggi. Berikut adalah cara membaca kode pada kedua tipe aki tersebut.

Baca Juga: Kenali Bahaya Mengisi Air Aki Mobil Hingga Penuh

Kode Aki JIS (Japan Insdustrial Standard)

Untuk cara membaca kode Aki dengan standar JIS, sebagai contoh adalah NS40ZLS. Pada kode aki tersebut N adalah Normal, S memiliki arti pengurangan daya aki sebesar 20%, sementara 40 menunjukan daya utama aki. Kode Z merupakan kode penambahan daya aki sebesar 10% setelah dikurangi 20% (kode S). Huruf L pada kode aki tersebut memiliki arti left, di mana kepala aki / kutub negatif berada di sebelah kiri. Kode aki yang tidak memiliki huruf ini memiliki kepala aki di sebelah kanan. Untuk huruf terakhir S memiliki arti aki dengan kutub yang berukuran besar. Jadi, untuk menjabarkan aki yang memiliki kode NS40ZLS, aki tersebut memiliki daya 40Ah – 20 persen +10 persen dengan hasil 32 persen dan kepala kutub negatif di bagian kiri dengan jenis kepala besar.

Kini, penulisan aki JIS lebih ringkas dibanding sebelumnya. Aki NS40ZLS kini menjadi 32B30R. Angka 32 memiliki arti kapasitas dari aki, yaitu 32Ah. B merupakan kode dari baterai. Angka 20 menunjukan tanda panjang aki 20cm. Sementara huruf R memiliki arti posisi kepala aki yang berada pada sebelah kiri.

Kode Aki DIN (Deutches Institut für Normung)

Tipe aki dengan standar DIN biasanya digunakan oleh mobil Eropa. Pada umumnya, aki dengan standar DIN dilengkapi dengan lima digit angka. Untuk cara membacanya, cukup memperhatikan tiga digit utama pada kode aki. Angka I 5 menjadi 0, lalu angka I 6 menjadi 1, dan angka I 7 menjadi 2. Misal aki 54533, maka angka I 5: menjadi angka 0, angka II dan III 45 = tetap angka 45, dan kapasitas aki adalah 045 Ah alias 45 Ah.

mobil terkait

Rp 269.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 342.000.000

Individu

BEKASI

Rp 192.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 287.000.000

Individu

BEKASI

Rp 355.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 186.000.000

Individu

BEKASI


Kembali ke atas