Bisa Kebeli Mobil, Segini Harga Sepeda Rancangan Pabrikan Mobil Mewah

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 14 September 2020

Bisa Kebeli Mobil, Segini Harga Sepeda Rancangan Pabrikan Mobil Mewah

momobil.id – Jika mendengar nama Ferrari atau Lamborghini, maka yang terbayang adalah sebuah mobil mewah atau supercar. Namun beberapa pabrikan mobil mewah seperti Bugatti, Aston Martin, Ferrari, hingga Lamborghini justru pernah meluncurkan produk non mobil yakni sebuah sepeda.

Sepeda yang diluncurkan Ferrari, Lamborghini, dan pabrikan mobil mewah lainnya ini tentu bukan sembarang sepeda. Sepeda tersebut dibuat eksklusif dengan jumlah yang terbatas. Harga yang dibanderol untuk satu sepeda ini pun setara dengan banderol harga mobil pada umumnya. Berikut daftar pabrikan mobil mewah yang pernah memproduksi sepeda seperti dilansir Detik.com.

Baca juga: Agak Beda dengan Mesin Bensin, Begini Cara Merawat Mobil Mesin Diesel

Ferrari

Sepeda Ferrari

Ferrari bekerja sama dengan Bianchi (brand sepeda ikonik asal Italia) untuk membangun sepeda SF01 yang hanya dibuat 12 unit di dunia. Sepeda ini dibuat spesial karena benda ini dibuat untuk merayakan 120 tahun kelahiran Enzo Ferrari pada Februari 2020.

SF01 ini punya rangka super-ringan, hanya 780 gram atau kurang dari 1 kg, yang dilengkapi sistem Bianchi CV. Seluruhnya menggunakan bahan karbon Countervail®, yang diklaim bisa menghilangkan 80 persen getaran dan memaksimalkan kontrol pengendara. Plus, Bianchi menjamin dengan garansi 5 tahun.

Secara eksklusif, SF01 dijual melalui Scuderia Ferrari Online Store dengan banderol US$18.600 atau sekitar Rp268,5 juta. Meski dibanderol setara dengan harga satu unit LMPV di Indonesia, 12 unit sepeda kolaborasi Ferrari dan Bianchi ini sudah ludes terjual.

Lamborghini

Sepeda Lamborghini

Kompetitor Ferrari ini juga pernah menjual sepeda eksklusif yang diproduksi terbatas. Salah satu sepeda yang diproduksi pada 2013 lalu memperingati 50 tahun Lamborghini. Sepeda dengan kelir kuning itu merupakan hasil kolaborasi bersama pabrikan sepeda BMC yang hanya dibuat sebanyak 50 unit di seluruh dunia.

Rangkanya terbuat karbon LSW dengan menggunakan Groupset dari Campagnolo Super Record. Plus, jok kulitnya menggunakan bahan yang sama dengan Lamborghini Aventador. Sepeda ini memiliki total bobot hanya 6,85 kilogram. Soal harga, banderol sepeda ini tembus US$32 ribu atau sekitar Rp450 jutaan saat peluncuran.

Aston Martin

Sepeda Aston Martin

Produsen mobil mewah asal Inggris ini juga tak ketinggalan meluncurkan sepeda. Pada 2017 silam, Aston Martin berkolaborasi dengan perusahaan sepeda terkenal Storck untuk membesiut sepeda yang bernama Storck Fascenario 3 Aston Martin Edition.

Pun pada rangkanya menggunakan serat karbon dengan bobot 770 gram, setelah dirakit sepeda ini hanya memiliki bobot 5,9 kilogram. Sepeda mewah ini hanya dibuat 107 unit di dunia dan dibanderol sekitar 15 ribu Poundsterling atau di atas Rp250 juta.

Mercedes-Benz

Sepeda Mercedes

Pabrikan asal Jerman, Mercedes-Benz juga menelurkan sepeda. Pada 2018 silam, Mercedes-Benz bekerja sama dengan Argon 18 (produsen sepeda asal Kanada). Sepeda ini menggunakan lambang khas Mercedes-Benz baluran silver pada rangka dan gradasi silver-black pada sadel dan pegas. Bobotnya juga ringan lantaran rangkanya terbuat dari karbon. Sayang, tidak diinformasikan harga dari sepeda ini.

Bugatti

Sepeda Bugatti

Perusahaan asal Prancis ini juga melahirkan sepeda yang berkolaborasi dengan PG (Pimpgarage) untuk membuat bobot sepeda kurang dari 5 kg. Seluruh rangka dan garpu, pelek, kursi, pedal, dan rem semuanya dibuat seringan mungkin dengan bahan karbon.

Mengutip Telegraph, sepeda dijual mulai dari 39 ribu Poundsterling hingga 69 ribu Poundsterling (sekitar Rp709 juta-Rp1,2 miliar) tergantung kostumisasi pesanan konsumen.


Kembali ke atas