BMW i Vision Dee, Mobil Konsep yang Bisa Berubah Warna

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 9 January 2023

BMW i Vision Dee, Mobil Konsep yang Bisa Berubah Warna

momobil.id – Pada acara Consumer Electronic Show (CES) 2023 di Las Vegas, BMW memperkenalkan mobil konsep masa depannya, yaitu BMW i Vision Dee. Prototipe yang diperkenalkan memiliki berbagai macam teknologi berdasarkan mobil yang akan hadir pada masa depan. Salah satu yang cukup menarik adalah eksterior mobil yang bisa berubah warna.

Nama “DEE” pada i Vision Dee sendiri merupakan sebuah singkatan. Dee merujuk pada singakatan dari Digital Emotional Experience. Lewat konsep ini, BMW memperlihatkan potensi digitalisasi yang mampu mengubah kendaraan menjadi pendamping yang cerdas.

Desain Eksterior

Dilihat dari desain eksterior, tampilan retro modern dapat dirasakan pada i Vision Dee. Mobil prototipe ini mengadopsi desain three-box berbentuk sedan. Tentunya i Vision Dee tidak terlepas dari karakteristik BMW, yaitu kidney grille pada bagian depan dan hofmeister kink pada kaca jendela belakang.

Jika dilihat secara keseluruhan, tampilan dari i Vision Dee mirip dengan mobil tahun 1980 an. Ada beberapa elemen desain yang diambil dari BMW M1 dan seri 8 E31.

E-Ink 240 Colors

Sama seperti mobil konsep iX Flow yang dihadirkan tahun lalu, BMW i Vision Dee memiliki eksterior yang dapat berubah warna. Mobil ini menggunakan teknologi yang bernama E-Ink 240 Colors. Teknologi tersebut merupakan layar yang dapat berubah warna.

Dengan E-Ink 240 Colors, i Vision Dee mampu menawarkan 32 pilihan warna yang berbeda. Selain itu, bagian bodi dibagi menjadi 240 segmen dan masing-masing dapat dikontrol perubahan warnanya. Perubahan warna tidak hanya terjadi pada bodi mobil saja, namun warna roda juga turut berubah.

Secara teknis, panel E-Ink dipotong dengan laser dan direkatkan pada bodi dan velg mobil. Pihak perusahaan sedang mengembangkan teknologi tersebut agar mampu direkatkan pada permukaan yang melengkung.

Baca Juga: Keunikan Mobil Spesial BMW The 8 X Jeff Koons

Teknologi Lain yang Disematkan

Tidak hanya eksterior yang bisa berubah warna, i Vision Dee juga dilengkapi dengan teknologi antarmuka yang mampu berinteraksi dengan penggunanya. Mobil ini dilengkapi dengan asisten virtual. Untuk mengaktifkannya, pengguna bisa memanggil “Dee”.

Kemampuan berinteraksi tidak hanya dilakukan di dalam mobil. Pengguna juga bisa berinteraksi dengan mobil ketika berada di luar. Bahkan, bagian depan mobil hadir dengan panel yang mampu memperlihatkan ekspresi wajah dan reaksi lainnya. Misalnya, i Vision Dee mampu berkedip secara digital dengan lampu depan dan grill pada bagian depan.

BMW i Vision Dee juga dilengkapi dengan Head-Up Display (HUD). Teknologi ini tidak hanya muncul pada kaca pengemudi, melainkan seluruh kaca depan mobil. Pengaturan HUD dapat dilakukan lewat kontrol layar yang terdapat pada bagian samping setir yang diberi nmama “Mixed Reality Slider“.

Dengan fitur yang diperkenalkan, kemungkinan besar beberapa fitur tersebut akan dihadirkan pada mobil BMW di 2025 mendatang.

Sumber gambar: BMW Group

mobil terkait

Rp 295.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 622.900.000

Individu

JAKARTA PUSAT

Rp 346.700.000

Individu

JAKARTA PUSAT

Rp 324.000.000

Individu

JAKARTA PUSAT

Rp 1.605.600.000

Individu

JAKARTA


Kembali ke atas