BMW Kembangkan Mobil Berbahan Bakar Hidrogen, Ini Perbedaanya dengan Mobil Konvensional

Ditulis oleh : Syah Rezi Tungga Dewi

30 September 2019

BMW Kembangkan Mobil Berbahan Bakar Hidrogen, Ini Perbedaanya dengan Mobil Konvensional

momobil.id – Selain mobil listrik, perkembangan di dunia otomotif yang turut menarik perhatian adalah kehadiran mobil yang menggunakan teknologi sel bahan bakar (fuel cell) alias bahan bakar hidrogen. BMW sebagai salah satu pemain besar di dunia otomotif, turut mengungkapkan rencana mereka untuk menghadirkan mobil berbahan bakar hidrogen.

BMW Group kabarnya berencana untuk menghadirkan generasi berikutnya dari teknologi sel bahan bakar dalam konsep mobil mungil BMW X5 pada 2022. BMW Group akan mulai menawarkan kendaraan yang menggunakan sel bahan bakar hidrogen untuk pelanggan pada tahun 2025. Namun waktunya sangat tergantung pada persyaratan pasar dan kondisi keseluruhan.

Mobil berbahan bakar hidrogen mampu menawarkan nol emisi tanpa hambatan dengan karakteristik penggunaan yang serupa dengan kendaraan konvensional. Waktu pengisian bahan bakar pun di bawah empat menit dan tidak bergantung terhadap kondisi iklim. Hal ini membuat mobil berbahan bakar hidrogen dari BMW mampu menjangkau segala kondisi musim.

Namun, infrastruktur pengisian hidrogen untuk mobil masih harus dikembangkan. Bahkan di sebagian negara besar, infrastruktur untuk pasokan hidrogen masih dalam tahap awal pengembangan.

Untuk memperlancar proses pengembangannya, BMW bekerja sama dengan Toyota pada 2013 untuk bersama-sama mengembangkan sistem mobil berbahan bakar hidrogen. Pada 2015, BMW telah menguji sebuah mobil kecil sebagai prototipe mobil berbahan bakar hidrogen, yaitu BMW Seri 5 GT yang dikembangkan bersama Toyota.

Pada 2016, kedua perusahaan menandatangani perjanjian kemitraan pengembangan produk. Sejak itu mereka telah bekerja sama untuk generasi mobil bertenaga hidrogen serta komponennya untuk masa yang akan datang. Aliansi dengan Toyota Motor Corporation menunjukkan bagaimana BMW Group telah meningkatkan upayanya untuk mengembangkan teknologi alternatif bebas emisi.

Kemudian pada Januari 2017, BMW Group dan Toyota bekerja sama dengan sebelas perusahaan energi, transportasi, dan industri terkemuka untuk meluncurkan inisiatif global. Tujuannya adalah untuk membentuk visi bersama dan mendorong maju dengan ambisi jangka panjang dari revolusi energi berbahan bakar hidrogen. Pada Juni 2019, Dewan Hidrogen telah berkembang menjadi enam puluh perusahaan anggota.

BMW sendiri belum menyebutkan secara rinci mengenai spesifikasi detail mobil hidrogen mereka. Yang pasti, adanya rencana pengembangan mobil bertenaga hidrogen membawa angin segar sebagai solusi untuk mengurangi dampak pemanasan global secara signifikan.

Sumber gambar: Motor1

momobil.id, Situs Jual Beli Mobil Bekas Terbaik di Indonesia

Perusahaan pembiayaan otomotif dan multiguna terbesar di Indonesia, PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk (Adira Finance), secara resmi meluncurkan momobil.id yaitu satu-satunya used-car marketplace yang memiliki layanan terlengkap di Tanah Air. momobil.id merupakan platform jual beli mobil bekas yang mempertemukan pembeli dengan penjual mobil bekas perorangan (C2C) dan dealers (B2C). momobil.id menjadi situs jual beli mobil bekas terbaik di Indonesia... Read More

Kembali ke atas