Bocoran Mitsubishi XFC: Paten Desain Sudah Terdaftar di RI!

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 9 May 2023

Bocoran Mitsubishi XFC: Paten Desain Sudah Terdaftar di RI!

momobil.id – Kehadiran versi produksi dari Mitsubishi XFC nampaknya tidak akan lama. Setelah memamerkan XFC Concept pada Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 lalu, Mitsubishi kini mendaftarkan paten desain dari SUV tersebut. Berdasarkan bocoran yang beredar, Mitsubishi XFC nampaknya akan bersaing langsung dengan Hyundai Creta dan Honda HR-V.

Paten desain versi produksi Mitsubishi XFC sduah terdaftar di Berita Resmi Desain Industri No.18/DI/2023 yang dikeluarkan oleh Direktorat Hak Cipta dan Design Industri Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum HAM). Desain dari SUV kompak ini terdaftar atas nama Mitsubishi Jidosha Kogyo Kabushiki Kaisha yang beralamat di Tokyo, Jepang.

Berdasarkan bocoran paten desain yang beredar, nampak versi produksi Mitsubishi XFC mirip dengan versi konsep yang dipamerkan di IIMS 2023 beberapa bulan lalu. Sebelumnya, SUV kompak ini juga sempat tertangkap kamera sedang melakukan pengetesan di jalanan Indonesia.

Mitsubishi sendiri belum membeberkan informasi soal waktu peluncuran dari SUV kompak XFC. Meskipun demikian, Presiden Direktur PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Atsushi Kurita mengatakan bahwa versi produksi dari XFC akan diluncurkan tahun ini.

“Dari sisi produk, seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, kami berencana untuk memperkenalkan SUV kompak baru dalam waktu dekat di tahun fiskal 2023, dengan Mitsubishi XFC Concept sebagai inspirasi utama produk ini,” ujar Kurita dilansir dari detikOto.

Baca Juga: Mitsubishi Tampilkan SUV XFC Concept ke Publik

Desain dan Bocoran Mitsubishi XFC

XFC merupakan mobil SUV Mitsubishi yang akan mengisi segmen mobil SUV kompak 5-penumpang. Mobil ini memiliki tampilan yang sporty dan modern berkat bahasa desain Mitsubishi Dynamic Shield.

Dilihat dari bagian depan, XFC disematkan gril besar berbentuk trapesium dengan logo Mitsubishi. Disampingnya terdapat lampu depan unik berbentuk L berpadu dengan DRL yang menyerupai huruf T.

Sementara pada bagian samping, karakter SUV cukup kuat dengan jarak ground clearance yang tinggi. Lekukan bodi pada bagian samping terkesan kekar dengan wheel arches yang besar. Untuk versi produksi, XFC Concept diyakini menggunakan velg 16 inci – 17 inci.

Beralih ke bagian belakang, mobil ini dilengkapi dengan spoiler yang terlihat sporty, serta lampu DRL berbentuk heksagon. Lampu bagian belakang memiliki desain T yang senada dengan bagian depan.

Mitsubishi belum memberikan informasi mengenai mesin yang akan digunakan. Berdasarkan rumor yang beredar, Mitsubishi XFC nantinya akan menggunakan mesin yang sama dengan Xpander, yakni mesin bensin 1,5 liter MIVEC dan penggerak roda depan. SUV ini rumornya bakal diperkenalkan pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) pada Agustus 2023 mendatang.

mobil terkait

Rp 230.000.000

Individu

SURABAYA

Rp 197.000.000

Individu

HULU SUNGAI SELATAN

Rp 120.000.000

Individu

HULU SUNGAI SELATAN

Rp 310.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 278.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 240.000.000

Individu

HULU SUNGAI SELATAN


Kembali ke atas