Bocoran Spesifikasi dan Harga Mobil Listrik Nissan Ariya

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 21 July 2020

Bocoran Spesifikasi dan Harga Mobil Listrik Nissan Ariya

momobil.id – Setelah menghadirkan Leaf, Nissan berencana memperkenalkan mobil listrik keduanya yakni Nissan Ariya pada 2021. Mobil dengan model SUV Crossover ini disebut akan memiliki jarak tempuh yang lebih jauh dari Nissan Leaf.

Seperti dilansir Liputan6.com yang mengtuip Carandriver, Nissan Ariya diklaim mampu menempuh 300 mil atau sekitar 480 kilometer. Sementara Nissan Leaf yang menjadi mobil listrik pertama Nissan hanya mampu mencapai 226 mil atau sekitar 361,6 kilometer.

Akan ada dua tipe baterai yang akan menyertai Ariya. Varian pertama menggunakan baterai 63 kWh sementara yang top of the line memakai yang berkapasitas 87 kWh. Pilihan penggerak rodanya juga ada dua, sistem gerak roda depan dan all wheel drive.

Nantinya Ariya akan berhadapan dengan Tesla Model Y dan Hyundai Kona Electric yang sudah ada di pasar lebih dahulu. Targetnya, seperti diungkap Reuters, produsen asal Jepang ini menargetkan untuk menjual sebanyak 30 ribu unit di seluruh dunia.

Untuk produksinya sendiri di 2021, ada sumber lain yang menyatakan Nissan merencanakan akan membuat 40 ribu unit di Jepang. Bila permintaan melonjak, produksi bisa dilipatgandakan hingga 100 ribu unit dari pabrik Nissan lain seperti di Tiongkok.

Jumlah produksi Ariya tahun depan ternyata masih jauh lebih rendah dari pencapaian mobil listrik terlaris dunia. Ya, Tesla Model 3 sudah terjual lebih dari 300 ribu tahun lalu.

Baca juga: Mengenal Berbagai Komponen Penting pada Mesin Mobil

Bila Ariya untuk model tahun 2021 di Jepang, maka negara lain akan menjadi model tahun berikutnya. Amerika, Eropa, Tiongkok, akan mendapatkan mobil listrik ini sebagai model 2022.

Apa yang menarik selain teknologi mobil listrik di Nissan Ariya? Jelas sistem otonomos akan jadi salah satu senjata yang digunakan Nissan untuk bersaing dengan Tesla.

Mobil listrik ini akan dipersenjatai semi autonomous driving system, ProPilot 2.0. Konsep nir sopir ini sebenarnya sudah dipakai lebih dahulu pada Nissan Skyline sedan.

Belum ada harga pasti yang dibocorkan, namun sudah ada yang memprediksinya. Untuk model terendah, harganya di mulai dari US$40 ribu (sekitar Rp591 juta), acuan US$ 1 setara Rp14.796. Sementara untuk top of the lain akan di mulai dari US$45 ribu (sekitar Rp665 juta).



Kembali ke atas