Bocoran Toyota Fortuner Terbaru, Bakal Usung Mesin Hybrid

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 13 September 2023

Bocoran Toyota Fortuner Terbaru, Bakal Usung Mesin Hybrid

momobil.id – Toyota Fortuner generasi saat ini sudah melenggang selama 7 tahun sejak 2016. Kabarnya, Toyota tengah menyiapkan generasi baru dari Fortuner. Berdasarkan rumor yang beredar, Fortuner baru akan meluncur pada tahun depan. Bocoran dari Toyota Fortuner terbaru pun mulai terkuak.

Desain dan Platform Baru

Salah satu fokus ubahan dari Fortuner terbaru ada pada bagian desain. Generasi selanjutnya dari SUV Toyota ini dikabarkan akan memiliki bahasa desain yang benar-benar baru. Fortuner akan mendapatkan desain yang lebih berotot, serta lampu yang sudah menggunakan teknologi LED dan DRL baru.

Selain ubahan desain, Fortuner terbaru dirumorkan bakal menggunakan platform baru Toyota New Global Architecture atau TNGA-F. Apabila demikian, Fortuner akan berbagi platform dengan Toyota Land Cruiser, Toyota Tundra dan Lexus LX. Dengan platform dan sasis baru, Fortuner diklaim memiliki dimensi yang lebih besar dan kabin yang lebih luas.

Soal fitur keselamatan, kabarnya Toyota Fortuner akan dibekali fitur yang cukup mumpuni. Salah satu yang bakal hadir adalah fitur keselamatan Toyota Safety Sense (TSS).

Baca Juga: Intip Harga Mobil Bekas dan Baru Toyota Fortuner di 2023

Bakal Gunakan Mesin Mild Hybrid

Selain desain yang berubah sepenuhnya, Toyota Fortuner 2024 kabarnya akan mengadopsi tenaga elektrifikasi. Berdasarkan bocoran yang beredar, Toyota Fortuner terbaru akan menggunakan mesin turbo-diesel 4 silinder berkapasitas 2.800 cc dengan sistem mild hybrid. Mesin tersebut juga akan digunakan oleh Land Cruiser Prado untuk pasar Eropa Barat dan Australia.

Mesin diesel 2.800 cc dikombinasikan dengan teknologi hybrid 48V. Sistem mild hybrid ini terdiri dari tiga komponen utama, yaitu generator motor listrik yang menggantikan alternator, baterai 48 volt, serta konverter DC-DC.

Sistem mild-hybrid 48V diklaim memiliki beberapa unggulan. Generator 48V digerakkan oleh sabuk baru yang menghasilkan torsi lebih tinggi dan proses menghidupkan mesin lebih cepat tanpa getaran. Hal ini tentu dapat menghasilkan pengalaman berkendara yang lebih baik.

Teknologi mild hybrid ini juga mampu meningkatkan efisiensi bahan bakar. Baterai 48V, generator, dan konverter DC-DC membantu mengurangi beban pada mesin, serta mampu meningkatkan efisiensi bahan bakar secara keseluruhan.

Selain itu, sistem mild hybrid ini juga dikembangkan dengan struktur yang memungkinkan mobil mampu melewati genangan air. Dengan sistem ini, mobil diklaim mampu melaju di genangan air setinggi 700 mm.

Itulah beberapa bocoran dari Toyota Fortuner 2024.

mobil terkait

Rp 138.000.000

Individu

PONTIANAK

Rp 120.000.000

Individu

DENPASAR

Rp 225.000.000

Individu

PONTIANAK

Rp 355.000.000

Individu

JEMBER

Rp 180.000.000

Individu

JEMBER

Rp 525.000.000

Individu

BOGOR


Kembali ke atas