Selain Menambah Gaya Eksterior, Ini Fungsi Body Kit pada Mobil

Ditulis oleh : Hizkia Oloan Panjaitan

18 November 2019

Selain Menambah Gaya Eksterior, Ini Fungsi Body Kit pada Mobil

momobil.id – Berbagai aspek pengembangan terus digerakkan oleh pabrikan demi memenuhi impian para pecinta otomotif. Pengembangan yang menarik dalam dunia otomotif belakangan ini adalah Aerodinamika. Beberapa pabrik gencar menggunakan berbagai cara, seperti menggunakan body kit yang secara fungsi bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan hambatan angin yang minim dan lebih menekan ke bawah.

Cara termudah untuk mengatasi hambatan angin adalah dengan memasang body kit pada mobil. Saat ini banyak pabrikan yang menyediakan body kit after market. Mulai dari tinggal pasang, hingga harus disesuaikan secara custom agar sesuai dengan kebutuhan.

Body kit terdiri dari beberapa bagian, mulai dari side skirt, spoiler, hingga bumper. Harus diperhatikan bahwa penggunaan body kit ini akan berdampak ketika mobil melaju dalam kecepatan tinggi guna mengurangi turbulance.

Banyak body kit dibuat hanya untuk variasi demi meningkatkan penampilan mobil. Akan tetapi secara teknis, body kit juga memiliki fungsi untuk memberikan efek downforce dan penggunaannya disesuaikan dengan peletakannya. Berikut penjelasannya.

Bumper

Sumber gambar: AutoDivine

Bumper mobil berada pada bagian depan, belakang, dan samping. Pemasangan bumper ini bertujuan agar ground clearance mobil semakin rendah. Desain dibuat simpel dengan maksud mengurangi frekuensi udara yang masuk ke bagian bawah mobil.

Manfaatnya jika mobil melaju dalam kecepatan tinggi, bumper yang terpasang pada mobil Anda akan meminimalisir hingga mencegah adanya efek turbulance.

Spoiler

Sumber gambar: CariD

Benda ini berada pada bagian belakang mobil, dan pastinya memberi kesan sporty. Tetapi secara teknis, spoiler memberikan tambahan efek downforce saat mobil melaju kencang. Dengan memasang spoiler, akan membuat traksi pada mobil sehingga potensi mobil terangkat dapat diminimalisir.

Wing

Sumber gambar: DustRunnersAuto

Komponen yang satu ini memiliki persamaan dengan spoiler. Akan tetapi wing atau sayap hanya diperuntukan bagi mobil-mobil balap. Jadi jika dipasang pada mobil harian hanya untuk menambah estetika pada mobil saja.

Side skirt

Sumber gambar: Maxton

Dipasang pada kedua sisi mobil, part ini mempunyai fungsi dalam mengurangi tekanan tinggi udara dari sisi samping mobil. Side skirt harus dipasang serendah mungkin, agar menjaga udara pada tekanan tinggi bergerak.

Sumber gambar: Ninco

berita terkait lainnya

momobil.id, Situs Jual Beli Mobil Bekas Terbaik di Indonesia

Perusahaan pembiayaan otomotif dan multiguna terbesar di Indonesia, PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk (Adira Finance), secara resmi meluncurkan momobil.id yaitu satu-satunya used-car marketplace yang memiliki layanan terlengkap di Tanah Air. momobil.id merupakan platform jual beli mobil bekas yang mempertemukan pembeli dengan penjual mobil bekas perorangan (C2C) dan dealers (B2C). momobil.id menjadi situs jual beli mobil bekas terbaik di Indonesia... Read More

Kembali ke atas