Bukan Cuma Hiasan, Ini Fungsi Hand Grip pada Mobil

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 24 May 2022

Bukan Cuma Hiasan, Ini Fungsi Hand Grip pada Mobil

momobil.id – Setiap pabrikan otomotif menyediakan berbagai perlengkapan pada interior mobil demi kenyamanan dan keselamatan penumpang. Salah satu komponen pada interior mobil yang disediakan adalah hand grip. Hand grip atau biasa disebut pegangan tangan terletak pada bagian yang tidak terlalu tinggi dan dapat diraih orang dewasa. Fungsi komponen ini tidak hanya sebagai hiasan, namun sangat membantu kenyamanan dan keselamatan berkendara. Lantas, apa fungsi dari hand grip pada mobil dan bagaimana cara penggunaannya?

Fungsi Hand Grip

Hand Grip pada interior mobil memiliki fungsi untuk menjaga posisi duduk agar tidak bergeser. Saat bermanuver, mobil menghasilkan gaya sentrifugal yang dapat merubah posisi duduk penumpang. Dengan adanya hand grip, posisi duduk penumpang akan tetap stabil.

Selain itu, hand grip juga bisa digunakan untuk mempermudah penumpang keluar masuk kabin mobil. Sebagian orang merasa kesulitan ketika menaiki mobil karena jarak lantai mobil dengan tanah cukup tinggi. Hand grip dapat menjadi tumpuan bagi penumpang. Dengan adanya hand grip, penumpang dengan tinggi badan yang kecil, anak-anak, atau bahkan disabilitas dapat lebih mudah keluar-masuk mobil.

Hand grip pada kabin mobil juga bisa dimanfaatkan untuk menggantung baju atau pengharum mobil. Meskipun demikian, pemanfaatan tersebut kurang ideal. Perlu dicatat bahwa penggunaan hand grip sebagai tempat menggantung pakaian atau barang hanya ketika pengemudi tidak membawa penumpang.

Baca Juga: Ini Bagian Interior Mobil yang Langganan Jadi Sarang Kuman dan Virus, Nomor 2 Sering Lupa Dibersihkan

Cara Penggunaan Hand Grip

Hand grip atau pegangan tangan merupakan alat yang berguna bagi keselamatan, namun tidak digunakan setiap saat. Hand grip biasanya terletak di atas pintu mobil dalam kabin. Sebagian mobil menggunakan hand grip yang dilipat ke atas demi kenyamanan penumpang. Untuk membuka hand grip jenis ini, tariklah hand grip ke bawah. Kemudian bukalah kunci yang terletak pada handle hand grip agar komponen ini tetap terbuka.

Untuk penggunaannya sendiri, pengemudi tidak boleh memegang hand grip saat mengemudi. Agar lebih aman, sebaiknya kedua tangan berada di lingkar kemudi. Selain itu, tetaplah menggunakan safety belt selama memegang hand grip. Hal ini dilakukan agar posisi badan tetap terjaga dan tidak terguncang saat melewati jalan yang tidak rata.

Meskipun hand grip digunakan sebagai salah satu fitur keselamatan, penumpang dihimbau untuk memegang hand grip pada kondisi jalan tertentu. Pegangnya hand grip pada kondisi jalan rusak atau jalan turunan. Memegang hand grip secara terus menerus dapat membawa resiko, terutama apabila terjadi kecelakaan.

mobil terkait

Rp 269.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 342.000.000

Individu

BEKASI

Rp 192.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 287.000.000

Individu

BEKASI

Rp 355.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 186.000.000

Individu

BEKASI


Kembali ke atas