Bukan Hanya Pemanis, Ini Fungsi Grill Depan Mobil

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 8 March 2022

Bukan Hanya Pemanis, Ini Fungsi Grill Depan Mobil

momobil.id – Berbagai produsen otomotif berlomba-lomba untuk mendesain produknya agar tampil menarik di mata konsumen. Penampilan pada sebuah eksterior mobil biasanya ditentukan oleh beberapa faktor. Salah satu faktor pemanis pada bagian eksterior mobil adalah grill depan. Masing-masing produsen otomotif tentunya memiliki desain khas, terutama pada bagian grill. Namun, fungsi dari grill depan mobil tidak hanya sebagai pemanis dan aksesoris saja. Terdapat fungsi lain yang lebih krusial dari grill mobil.

Grill Depan Mobil Berfungsi Sebagai Saluran Udara

Fungsi utama dari grill bagian depan mobil adalah sebagai akses masuknya angin untuk mendinginkan mesin. Mesin memiliki temperatur yang cukup tinggi apabila sedang dalam keadaan menyala. Grill akan mengalirkan udara dari luar ke dalam bagian mesin untuk menjaga temperatur mesin agar tetap stabil. Apabila grill ditutup, maka aliran angin tidak masuk dengan baik lewat lubang-lubang pada grill. Hal ini dapat membuat mobil overheat dan mogok. Selain itu, sistem kerja radiator juga terbantu dengan adanya kisi-kisi pada grill mobil.

Baca Juga: Banyak yang Salah Kaprah, Ini Fungsi Tuas Spion Tengah

Grill Mobil Berfungsi Memberikan Aerodinamika dan Performa

Tidak hanya sebagai saluran udara, grill mobil juga berfungsi meningkatkan aerodinamika mobil agar lebih optimal. Dengan begitu, performa mobil juga akan lebih konsisten apabila desain aerodinamika mobil baik. Dewasa ini, beberapa desain grill pada mobil semakin minim lubang. Tujuannya agar udara yang menabrak bagian depan mobil dapat mengarah ke samping atau ke atas. Apabila udara banyak yang masuk ke dalam grill, maka semakin besar hambatan mobil. Hal ini dapat mengurangi sisi aerodinamis mobil, sehingga performa juga akan lebih buruk.

Mempercantik Estetika Mobil

Desain mobil yang menarik tentu dapat memikat banyak konsumen. Salah satu faktor dari desain mobil yang menarik ada pada bagian grill mobil. Dewasa ini, desain grill pada mobil bermacam-macam dan tidak hanya persegi panjang dan vertikal. Ada juga yang mengarah horizontal dan desain honeycomb. Grill pada mobil juga dapat menjadi pembeda dan ciri khas suatu merek mobil. Misalnya seperti BMW menggunakan desain “kidney grill” ikoniknya.

mobil terkait

Rp 269.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 342.000.000

Individu

BEKASI

Rp 192.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 287.000.000

Individu

BEKASI

Rp 355.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 186.000.000

Individu

BEKASI


Kembali ke atas