Bukan Produk yang Sama, Ini Perbedaan Mitsubishi Pajero dan Pajero Sport

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 3 August 2020

Bukan Produk yang Sama, Ini Perbedaan Mitsubishi Pajero dan Pajero Sport

momobil.id – Ketika Mitsubishi Motor Corporation (MMC) mengumumkan penutupan pabrik Pajero di Jepang, mungkin ada yang belum tahu bahwa Pajero dan Pajero Sport merupakan dua produk berbeda. Hal ini pun sudah ditegaskan oleh Presiden Direktur PT Mitsubishi Motor Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Naoya Nakamura.

Nakamura menyatakan Pajero dan Pajero Sport merupakan produk yang berbeda, sehingga konsumen di Indonesia tidak perlu khawatir mengenai pemberitaan tersebut. Pabrik Pajero di Sakahogi, Jepang, hanya memproduksi Pajero dan Delica D5. Sedangkan pabrik Mitsubishi di Indonesia memproduksi sejumlah varian Pajero Sport seperti Dakar 2.400 cc 4×2, Exceed 4×2 2.500 cc, dan Dakar 4×4 2.400 cc. Selain itu pabrik Mitsubishi di Indonesia juga memproduksi kendaraan niaga L300, Xpander, dan satu produk Nissan Livina.

Lalu, apa bedanya Mitsubishi Pajero dan Pajero Sport? Berikut pembahasannya.

Pajero

Mitsubishi Pajero
Mitsubishi Pajero

Seperti dilansir CNN Indonesia, Pajero merupakan big SUV Mitsubishi yang generasi pertamanya meluncur pada 1982. Hingga saat ini Pajero sudah melintas empat generasi. Masing-masing generasi memiliki perbedaan. Misalnya generasi pertama yang memiliki dua pilihan atap yakni terbuat dari metal dan canvas, serta pilihan tiga dan lima pintu.

Ubahan terus dilakukan hingga generasi keempat yang memiliki pilihan antara bodi pendek tiga pintu dan bodi panjang empat pintu. Sedangkan dari sisi dapur pacu generasi pertama, mesin yang digunakan mulai 2.000 cc bensin, 2.300 cc diesel, 2.300 cc turbo diesel, dan 3.000 cc bensin. Sementara saat ini mesin yang tersedia yaitu 3.000 cc bensin, 3.200 cc turbo diesel, 3.800 cc bensin.

Mesin-mesin ini dipadukan dengan dua pilihan transmisi antara 5-percepatan otomatis dan 4-percepatan manual. Dari generasi pertama hingga keempat, sistem gerak mobil ini sama yakni Super Select 4WD. Pajero dikenal global sebab punya 12 gelar balapan reli dunia, salah satunya juara ‘Unmodified 4WD Production’ di reli Paris-Dakar pada 1983 saat percobaan pertamanya. Pajero hanya diproduksi di Jepang, namun produksinya direncanakan berhenti sepenuhnya pada 2021 lantaran penyusutan permintaan.

Pajero Sport

mobil pajero sport 2019
Mitsubishi Pajero Sport

Pajero Sport memang mewarisi DNA Pajero, namun secara spesifikasi dan segmentasi sepenuhnya berbeda. Saat ini Pajero Sport telah melalui tiga generasi.

Pajero Sport pertama muncul pada 1996 dengan konfigurasi lima pintu yang mampu memuat lima penumpang. Lantas generasi ketiga hadir dengan lima pintu tujuh penumpang, atau sama dengan generasi saat ini. Mobil ini juga memiliki berbagai pilihan mesin, antaranya generasi peryama yaitu 2.500 cc diesel turbo, 2.800 cc diesel turbo, 3.000 cc bensin, dan 3.500 cc bensin. Sedangkan generasi ketiga atau saat ini 3.000 cc bensin, 2.400 cc diesel turbo, dan 2.500 cc diesel turbo.

Baca juga: Empat Hal Ini Menjadi Penyebab Klakson Mobil Tidak Bisa Bunyi

Sementara transmisinya cukup beragam yakni 5-percepatan manual, 6-percepatan kecepatan manual, 5-percepatan semi otomatis, 4-percepatan kecepatan otomatis, dan 5-percepatan otomatis. Beda dari Pajero, sistem gerak mobil ini ada dua pilihan yaitu 2WD dan Super Select 4WD.

Saat ini Pajero Sport telah dipasarkan ke berbagai negara, namun basis produksi hanya empat negara, yaitu Thailand, Rusia, Bangladesh, dan Indonesia. Spesifikasi Pajero dan Pajero Sport bakal berbeda karena menyesuaikan negara di mana mobil itu dipasarkan.


Kembali ke atas