Busi Mobil Harus Diganti Jika Menunjukkan Ciri-ciri Berikut

Ditulis oleh : Agita Bela Hakiki | 16 November 2020

Busi Mobil Harus Diganti Jika Menunjukkan Ciri-ciri Berikut

momobil.id – Salah satu komponen penting dalam mesin mobil adalah busi. Sebagai pengendara, kita perlu mengetahui ciri busi mobil harus diganti. Busi sebagai salah satu komponen vital, memiliki fungsi dalam proses pembakaran. Oleh karena itu, perlu perhatian khusus agar kenyamanan berkendara tetap terjaga.

Apa saja ciri-ciri busi mobil harus diganti? Berikut kami rangkum beberapa ciri-ciri yang perlu Sahabat Momo ketahui.

Susah dihidupkan atau di starter

Jika Sahabat Momo mengalami hal ini, dan permasalahannya bukan dari accu, bisa jadi permasalahannya terdapat pada busi mobil. Busi mobil berfungsi sebagai pemicu dalam ruang pembakaran. Busi mobil yang sudah usang, akan mengakibatkan sulitnya untuk menyalakan mobil. Maka, Sahabat Momo harus segera mengganti busi mobil.

Kondisi terganggu saat mobil berjalan

Dilansir dari Medcom.id, terhambatnya akselerasi mobil juga bisa menjadi pertanda kalau busi mobil Sahabat Momo sudah aus. Selain tersendat-sendat, masalah lain dari busi mobil yang sudah aus adalah terjadinya lonjakan pada mesin mobil pada saat berjalan. Jika tidak segera diganti, akan berakibat pada konsumsi bahan bakar yang boros daripada biasanya.

Kondisi terganggu saat mobil idle

Pernahkah Sahabat Momo merasakan getaran di dalam kabin saat mobil dalam posisi diam? Nah, ini juga jadi salah satu ciri-ciri kalau busi mobil sudah tidak sehat. Selain itu, saat akan menginjak tuas gas akan terasa lebih berat. Jika sudah merasakan hal ini, sebaiknya segera ganti busi mobil kamu.

Warna busi menjadi gelap

Ilustrasi Busi
Ilustrasi Busi

Pembakaran yang kurang sempurna akan meninggalkan noda hitam atau jelaga di bagian elektroda dan ujung insulator busi. Bahkan menurut laporan dari National Institute for Automotive Service Excellence menunjukkan bahwa busi dalam kondisi tidak baik dapat mengurangi efisiensi bahan bakar sebanyak 30 persen.

Baca juga: Panduan Memilih Busi yang Tepat untuk Mobil

Mobil menjadi kurang responsif

Tarikan mobil yang menjadi berat dan kurang responsif juga menjadi salah satu ciri-ciri busi aus dan tidak sehat. Segera ganti busi mobil agar kondisi mobil kembali seperti semula. Jika tidak segera diganti, maka akselerasi mobil akan menurun seiring dengan sulitnya tarikan pada mobil.

Mesin berkerak dan banyak tetesan oli

Jika Sahabat Momo menemukan hal ini pada busi mobil, segera ganti busi mobil kamu karena busi sudah tidak sehat. Kerak pada busi akan mengganggu hubungan antara elektrodan dan massa busi yang mengakibatkan sulitnya terjadi percikan api. Ini bisa mengakibatkan mobil susah untuk dihidupkan dan tidak responsif seperti ciri-ciri sebelumnya.

Odometer sudah mencapai 20.000 kilometer

Jika angka pada odometer sudah menunjukkan 20.000 kilometer, maka dianjurkan untuk segera mengganti busi mobil. Hal ini bertujuan agar mesin tetap terjaga dan tidak menimbulkan masalah terhadap komponen mesin yang lain.

Jika Sahabat Momo sudah mengetahui ciri-ciri busi mobil harus diganti, langkah selanjutnya adalah pemilihan busi mobil yang tepat. Nah, untuk yang satu ini, Sahabat Momo bisa langsung kunjungi Moservice.id. Lewat Moservice.id, Sahabat Momo bisa menemukan kebutuhan servis mobil yang lengkap, salah satunya adalah ganti busi mobil.

Adiraku
Promo paket tune up dari Moservice.id

Selain jasa servis yang lengkap, Moservice.id juga memberikan banyak promo menarik yang bisa Sahabat Momo dapatkan. Sahabat Momo bisa mendapatkan Promo Paket Tune Up dengan harga Rp 450.000 ditambah bonus gratis cuci + vacum interior. Tunggu apalagi? Coba Moservice.id sekarang! Servis hemat, mobil lebih terawat.


Kembali ke atas